WATER RESCUE : PELATIHAN PENYELAMATAN DALAM AIR BAGI INTERNAL OSH FORUM 2018

Apr 30, 2018 0 Comments in Event by
WATER RESCUE : PELATIHAN PENYELAMATAN DALAM AIR BAGI INTERNAL OSH FORUM 2018

Semarang, 28 – 29 April 2018. Telah dilaksanakan kegiatan pelatihan water rescue yang diselenggarakan untuk anggota OSH Forum 2018. Kegiatan water rescue ini dilaksanakan selama 2 hari dengan pelatih dari Badan SAR Nasional (BASARNAS) Semarang.

            Pelatihan water rescue hari pertama dilaksanakan pada pukul 07:00 sampai 16:00 WIB di kolam renang Gelanggang Olahraga (GOR) Jatidiri. Pada pelatihan hari pertama ini, peserta dibagi dalam 2 tim. Pelaksanaan pelatihan water rescue ini dilaksanakan dengan 2 sesi, sesi pertama peserta diberikan pelatihan dasar dalam air, yaitu berlatih bernafas dan berenang. Renang yang diajarkan ada 3 gaya, yaitu gaya bebas, gaya bebas dengan kepala diatas dan gaya katak atau gaya dada. Setiap peserta dilatih dan mencoba satu persatu gaya renang yang diajarkan. Kemudian pada sesi kedua, peserta dilatih bagaimana cara menyelamatkan korban dan bagaimana cara melindungi diri dari korban. Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat menyelamatkan korban tanpa membahayakan diri sendiri.

            Pelatihan hari kedua water rescue dilaksanakan pada pukul 07:00 sampai pukul 16:00 WIB yang dilaksanakan di Waduk Jatibarang. Peserta dibagi dalam dua tim, sama seperti pada pelatihan hari pertama. Peserta melalui 3 pos dan 1 simulasi. Pada hari kedua ini peserta diberikan pelatihan dimana pos pertama pelatihan mengenai cara mengemudikan kapal motor, pos kedua cara turun dari kapal, cara naik ke dalam kapal dan cara mengangkat korban ke dalam kapal, dan pos ketiga cara melakukan self rescue dengan menggunakan pelampung dan group rescue cara bertahan di air bersama sejumlah orang dan terakhir adalah simulasi penyelamatan korban dalam air dengan berbagai kondisi dan diagnosis.

WR_2

WR_3

            Pada pelatihan water rescue ini, peserta sangat bersemangat dan antusias mengikuti pelatihan. Tujuan dari dilakukannya pelatihan water rescue ini adalah untuk memberikan gambaran dan softskill kepada peserta mengenai bagaimana cara melakukan penyelamatan pada korban yang berada di dalam air. Pelatihan ini diakhiri dengan foto bersama dengan BASARNAS Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *