VERTICAL RESCUE : PELATIHAN PENYELAMATAN BAGI INTERNAL OSH FORUM 2018

Apr 23, 2018 0 Comments in Event by

Semarang, 21 – 22 April 2018. Telah dilaksanakan kegiatan pelatihan vertical rescue yang diselenggarakan untuk anggota OSH Forum 2018. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya sesuai dengan kurikulum pada mata kuliah Tanggap Darurat dan Pertolongan Pertama Industri. Kegiatan vertical rescue ini dilaksanakan selama 2 hari dengan pelatih dari Badan SAR Nasional (BASARNAS) di basecamp BASARNAS Semarang.

            Hari pertama pelaksanaan pelatihan, dilaksanakan pada pukul 07:00 hingga pukul 16:00 WIB. Hari pertama diawali dengan pemberian materi singkat dari BASARNAS mengenai cara-cara membuat simpul, peralatan yang digunakan dalam vertical rescue dan teknik-teknik melakukan vertical rescue.  Setelah peserta diberikan sedikit gambaran dan pengetahuan mengenai vertical rescue, dilanjutkan dengan pelatihan lapangan. Peserta dibagi dalam 3 kelompok dan masing-masing kelompok akan melalui 3 pos pelatihan, pos pertama adalah pos rappelling, pos kedua adalah pos lifting dan lowering serta pos ketiga adalah pos anchoring. Pada setiap pos ini, peserta diajarkan bagaimana cara melakukan rappelling, membuat sistem untuk lifting lowering serta cara membuat dan memilih tempat untuk melakukan anchoring.

VR_2

            Keesokan harinya, dilanjutkan pelatihan vertical rescue hari kedua yang berlangsung pada pukul 07:00 hingga pukul 16:00 yag dilaksanakan di basecamp BASARNAS. Hari kedua pelatihan vertical rescue ini lebih bersifat aplikatif karena peserta dilatih untuk dapat menerapkan apa yang telah diajarkan oleh BASARNAS pada hari pertama  mengenai bagaimana cara rappelling, membuat sistem untuk lifting lowering serta cara membuat dan memilih tempat untuk melakukan anchoring. Pelaksanaan pelatihan hari kedua ini masih sama, peserta dibagi kedalam 3 tim dan masing-masing tim akan melalui 4 pos diantaranya pos pertama pos lifting dan lowering, pos kedua adalah pos tali temali / pembuatan simpul, pos ketiga adalah pos ascending dan descending dan pos keempat adalah pos pemberian materi water rescue sebagai bekal untuk pelatihan selanjutnya.

VR_3

VR_1

            Pada pelatihan vertical rescue ini, peserta sangat bersemangat dan antusias mengikuti pelatihan. Tujuan dilakukannya pelatihan vertical rescue ini adalah untuk memberikan gambaran dan softskill kepada peserta mengenai bagaimana cara melakukan penyelamatan dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya (vertical rescue). Pelatihan ini diakhiri dengan foto bersama dengan BASARNAS Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *