UJI KOMPETENSI AUDITOR SMK3 OSH FORUM 2020

Oct 18, 2020 0 Comments in Event by

Pada hari Rabu hingga Kamis tanggal 13-14 Oktober 2020, untuk pertama kalinya Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponergoro melakukan Uji Kompetensi yang diadakan oleh peminatan K3 FKM Undip. Acara ini dimulai pada pukul 08.00 – 15.00 WIB dan berlangsung secara offline di FKM Undip

Protokol kesehatan juga tak lupa dilaksanakan dikala acara ini berlangsung. Mulai dari cuci tangan sebelum masuk, pengecekan suhu, penggunaan faceshield dan masker, dan setiap peserta wajib melampirkan surat sehat dan bebas covid-19. Kegiatan ini juga dibagi menjadi 5 kloter dengan setiap kloter maksimal 8 orang. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan klaster baru dari penyakit Covid-19.

PR UKOM

Skema Uji Kompetensi (UKOM) K3 bersertifikasi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini yaitu Penilaian / Auditor SMK3.  BNSP adalah sebuah lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada seluruh sektor bidang profesi di Indonesia melalui sertifikasi kompetensi kerja. Metode ujian yang dilakukan ada tes wawancara, praktik, dan uji portofolio yang disiapkan oleh peserta. UKOM ini dihadiri oleh 80 peserta yaitu dari mahasiswa peminatan K3 angkatan 2019-2020 dan beberapa alumni K3 FKM UNIDP. Output yang dihasilkan dari UKOM ini yaitu agar para peserta dapat melakukan penilaian audit internal pada perusahaan yang mengacu SMK3 yang berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No.50 tahun 2012 dan ISO 45001. Adapun elemen yang terkait yaitu HIRADC, P3K, Kebijakan K3 di perusahaan dan lain lain.

Sebelum dilaksanakan UKOM, peserta di wajibkan mengikuti Pembekalan Penilaian SMK3 yang dilaksanakan tanggal 26-27 September 2020 secara daring via Zoom Meeting. “Hal ini bertujuan agar peserta memahami dan mempersiapkan dengan baik saat pelaksanaan UKOM” ucap Pak Bina Kurniawan selaku Kepala Bagian K3 FKM Undip.

PR UKOM2

Acara ini dipersiapkan oleh Tim dari OSH Forum FKM Undip yaitu Fathiyah Desya Miranti dan Wanda Firra Argata sebagai Penanggungjawab, Elisabeth Vania Wandita, Sulaiman Apka Jody, dan Atha Firza R sebagai Anggota. Persiapan acara ini dimulai dari tanggal 9 September 2020. “Ada sedikit kendala dalam mempersiapkan UKOM ini karena acara ini baru pertama kali diadakan di FKM, dan bekerjasama dengan pihak luar. Disaat pandemi, kami tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu dengan membuat SOP Pelaksanaan UKOM yang ditandatangani oleh Kepala Bagian K3 dan Dekan FKM Undip” ujar Fathiyah.

 Diadakannya UKOM ini diharapkan dapat menjadi bekal mahasiswa dan mendapatkan pengakuan dengan adanya sertfikasi dari BNSP bahwa mahasiswa peminatan K3 FKM Undip berkompeten sehingga mampu bersaing di dunia kerja. (Tim LPM Publica Health).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *