TINGKATKAN PENGETAHUAN K3 RUMAH SAKIT, MAHASISWA K3 FKM UNDIP KULIAH LAPANGAN DI RSUP DR. KARIADI SEMARANG

Oct 10, 2018 0 Comments in News by

KKL RS-min-compressed

Tidak ingin hanya belajar di ruang kelas, sebanyak 61 mahasiswa Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan kunjungan industry sector rumah sakit ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang. Tujuan kunjungan ini adalah untuk mengetahui penerapan aspek-aspek K3 di rumah sakit. Kegiatan ini berlangsung pada Hari Rabu, 10 Oktober 2018.

Dalam kegiatan ini, mahasiswa disambut oleh pihak RSUP Dr. Kariadi dengan memberikan safety induction, profil singkat RSUP Dr. Kariadi Semarang serta menyampaikan bagian-bagian apa saja yang akan dikunjungi mahasiswa nantinya.

“Silahkan nanti adik-adik menggali ilmu sebanyak-banyaknya di lapangan. Jangan malu-malu jika ingin bertanya pada pemandu dari RSUP Dr. Kariadi” tutur Kepala Bagian Pendidikan dan Penelitian (Diklit). Hal ini sesuai dengan fungsi RSUP Dr. Kariadi Semarang yaitu sebagai Rumah sakit Pendidikan bagi dokter, dokter spesialis, dan sub spesialis dari FK UNDIP dan Institusi Pendidikan lain serta tenaga kesehatan lainnya.

Pada kegiatan ini, tidak semua bagian dapat di kunjungi karena keterbatasan akses. Beberapa bagian yang dikunjungi yaitu Ruang Radiologi, Ruang CSSD dan Laundry, Ruang Geriatri, Ruang Anak, Ruang Boiler dan Genset, Laboratorium, Ruang Gizi serta Instalasi Pengolahan Limbah. Dalam pelaksanaan keliling lapangan, mahasiswa dibagi menjadi beberapa kelompok agas tidak terlalu crowded.

Peni Nur Salekha salah satu mahasiswa K3 FKM Undip mengaku mendapat banyak ilmu dari kunjungan ini, “Rumah Sakit merupakan salah satu tempat dengan potensi bahaya tinggi terutama dari hazard biology-nya. Dengan adanya kuliah kunjungan lapangan ke RSUP Kariadi ini, saya jadi belajar banyak mengenai implementasi K3 serta usaha penanganan-penanganan pada berbagai hazard yang ada. Tidak hanya itu, saya juga belajar betapa manajemen berbagai bencana yang mungkin terjadi di rumah sakit sangat perlu direncanakan, disusun, dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya”

Kegiatan ditutup dengan pemberian cideramata dari K3 FKM Undip kepada pihak RSUP Dr. Kariadi Semarang dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *