Smart Safety Competition OSH FORUM FKM UNDIP 2017

May 31, 2017 0 Comments in Event by

cover

Pada tanggal 20 Mei 2017, telah dilaksanakan babak final Smart Safety Competition atau SASECOM dengan tema “How To Optimize Occupational Safety And Health In Mining, Geothermal, And Construction Bussines” oleh OSH Forum 2017 di Hall Gedung D Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. SASECOM merupakan Lomba Cerdas Cermat seputar Kesehatan dan Keselamatan Kerja tingkat Nasional. SASECOM bersama dengan VISACOM menjadi rangkaian acara untuk menyambut salah satu acara tahunan terbesar dari OSH Forum yaitu Seminar Nasional K3.

Peserta SASECOM berasal dari berbagai universitas di Indonesia seperti UPI, ITB, Udayana, Undip, UNS, dan masih banyak lagi. Pendaftaran sasecom sendiri dimulai sejak tanggal 25 maret sampai 06 mei 2017. Kemudian diadakan seleksi tertulis online pada 9 Mei 2017. Akhirnya didapatkan 10 tim dengan nilai terbaik yang akan bersaing secara langsung sebagai semifinalis di Semarang. Sepuluh besar semifinalis yang lolos ke babak semifinal adalah 5 tim dari Undip, 3 tim dari UNS, dan 2 tim dari ITB.

13

14

12

Babak semifinal diadakan pada hari sabtu pada tanggal 20 Mei 2017. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan sembutan sekaligus dibukanya acara oleh Kepala Bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja FKM Undip, Bina Kurniawan, SKM, M. Kes.

Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dengan sembutan sekaligus dibukanya acara oleh Kepala Bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja FKM Undip, Bina Kurniawan, SKM, M. Kes. Kemudian acara dilanjutkan dengan babak penyisihan 10 besar semifinalis. Penyisihan ini dilakukan dengan cara pengerjaan soal esai oleh setiap tim diberikan amplop coklat berisi soal dan lembar jawaban yang wajib diisi oleh tiap tim maksimal selama 120 menit. Tiga nilai tertinggilah yang diambil untuk menjadi finalis.

Dari babak semifinal terpilihlah 3 tim yang akan maju ke babak final. Ketiga tim yang lolos kebabak final adalah perwakilan dari FKM Undip, D-IV Hiperkes UNS dan FTI ITB.

15

juara2

Pada babak final, bentuk lomba adalah pertanyaan lisan dan praktek yang terdiri dari 4 sesi. Perlombaan pada babak final ini dinilai oleh juri-juri yang berkompeten dibidang k3 yaitu dr. baju Widjasena M. Erg (dosen FKM Undip), Evi Yulia Arini SH, Mkes (Disnakertrans Semarang), dan Azmi Faiq, S.K.M (EHS Officer Central Java Power).

Acara berakhir pada pukul 16.00 WIB dengan dimenangkannya perlombaan oleh tim dari FKM Undip.

Berikut daftar pemenang SASECOM 2017:

Juara 1 dari Kesehatan Masyarakat FKM Undip

  1. Kartika Weningtyas
  2. Yunita Setiarsih
  3. Wahid Kurniawan

Juara 2 dari Teknik Industri/FTI/ ITB

  1. Tantowi Jauhari
  2. Revalda Putawara
  3. Muhammad Rhezomova Irzaan

Juara 3 dari D-IV Keselamatan Dan Kesehatan Kerja/FK/ UNS

  1. Edo Riyandani
  2. Bekti Nugraheni
  3. Christine Nathalia Nara Mesah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *