Safety News : Sling Tali Lift Terputus, Nyawa Pekerja Hilang

Sep 25, 2020 0 Comments in News by

WhatsApp Image 2020-09-25 at 14.54.01

Kecelakaan kerja terjadi d salah satu proyek pembangunan Rumah Sakit Islam UNISMA Malang. Kecelakaan kerja ini terjadi pada Selasa (08/09/2020) siang. Menurut Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Azi Pratas Guspitu mengatakan, peristiwa itu terjadi ketika para pekerja ingin melanjutkan pekerjaannya di lantai empat dengan menumpang lift rakitan. Kemudian terjatuh dari ketinggian 20 meter. Kecelakaan ini diduga tali sling lift putus. Akibat kejadian ini 11 pekerja terjatuh diantaranya 4 orang meninggal dunia dan 6 orang mengalami luka berat. 4 korban yang tewas bernama Lukman (35) asal Pakis, Subekti (30) warga Jabung, Kasianto (40) asal Pakis, serta Agus Prataman (30) asal Pakis, seluruhnya warga Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pengerjaan proyek pembangunan gedung rumah sakit sembilan lantai tersebut diperkirakan telah berlangsung selama enam bulan.

Lift yang digunakan oleh pekerja ini merupakan jenis lift yang seharusnya digunakan untuk barang, akan tetapi karena kelalaian dari pekerja maka lift tersebut digunakan untuk mengangkut manusia. Hal tersebut seharusnya tidak boleh terjadi di lingkungan kerja, karena sudah ada ketentuan masing-masing antara penggunan lift barang dan lift manusia. Selain itu, dalam kejadian tersebut Lift tersebut dinaiki oleh 10 orang pekerja. Padahal hanya kapasitas 5 orang, sehingga lift mengalami kelebihan muatan yang menyebabkan tali sling putus.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 6 Tahun 2017 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Elevator dan Eskalator di pasal 10 tentang tali/sabuk penggantung sudah terdapat ketentuan tentang jenis tali dan angka factor keamanan yang telah di tetapkan.

Pihak kontraktor seharusnya lebih ketat lagi dalam menerapkan keselamatan dan Kesehatan kerja dilingkungan kerja. Pemberian pengetahuan tentang pentingnya K3 di lingkungan kerja area proyek juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kesadaran pekerja. Di area proyek juga diberi tanda peringatan mengenai larangan penggunaan lift barang untuk dinaiki manusia, dan penambahan rambu-rambu keselamatan lainnya.


Sumber :

Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No 6 Tahun 2017 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Elevator dan Eskalator

https://surabayapost.id/tali-lift-proyek-rsi-unisma-putus-polisi-sebut-ada-indikasi-kelalaian-kerja/

https://www.kompas.tv/article/107220/ini-kronologi-kecelakaan-kerja-di-malang-4-pekerja-bangunan-meninggal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *