Safety News : Gedung Kejaksaan Agung Belum Penuhi Standar Keselamatan

Aug 28, 2020 0 Comments in News by

WhatsApp Image 2020-08-28 at 20.39.27

Kebakaran telah terjadi di Gedung Utama Kejaksaaan Agung pada Sabtu, 22 Agustus 2020 sekitar pukul 19.10 WIB. Pada peristiwa kebakaran di gedung utama Kejaksaan Agung, api pertama kali terlihat dari lantai enam kemudian merambat hingga lantai di bawahnya. Lantai lima dan enam merupakan kantor Jaksa Agung Muda Pembinaan yang membawahi kepegawaian. Sedangkan lantai tiga dan empat adalah tempat Jaksa Agung Muda Intelijen berkantor.

Pakar fire safety dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Fatma Lestari, menyebut kebakaran yang melahap gedung utama kantor Kejaksaan Agung menjadi peringatan untuk segera melakukan audit keselamatan kebakaran terhadap seluruh gedung-gedung milik pemerintah. Beliau menduga sistem proteksi aktif keselamatan kebakaran di gedung utama Kejaksaan Agung tidak berjalan.

Ketidaksesuaian yang terdapat dalam kejadian tersebut adalah tidak berfungsinya alarm, detektor, dan sprinkler air dengan baik yang melanggar Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 48 Tahun 2016 pada pasal 14 ayat 5, sehingga mengakibatkan kobaran api menyebar ke seluruh gedung Kejaksaan Agung. Sesuai aturan keselamatan pula, setiap gedung harus memiliki jalur evakuasi, emergency lighting, master point atau tempat berkumpul jika terjadi bencana kebakaran, dan alat pemadam api ringan.

Direktur Bina Penataan Bangunan Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, Diana Kusumastuti, mengatakan bahwa 70% gedung pemerintah tidak mematuhi aturan keselamatan kebakaran. Ia mengakui bahwa anggaran untuk system keselamatan kebakaran tidak dianggarkan, karena dianggap gedung baik-baik saja, masih bisa dipakai dan tidak ada masalah.

Menurut Fatma, anggaran untuk seluruh sistem kebakaran masih diremehkan. Apabila dianggap mahal, jika satu gedung bernilai Rp100 miliar, proteksi kebakaran tidak sampai satu persen. Tapi kalau tidak terpenuhi, kerugian jauh lebih besar.


Sumber :

https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-53891950

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200822211818-20-538198/kejagung-beberkan-kronologi-awal-kebakaran-terjadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *