Pelatihan Media Sebagai Bekal OSH FORUM 2018

Nov 7, 2017 0 Comments in Event by
Pelatihan Media Sebagai Bekal OSH FORUM 2018

Semarang (5/11/17) telah dilaksanakan pelatihan media untuk internal OSH Forum 2018. Pelatihan ini diselenggarakan di Ruang Seminar FT Gedung Perencanaan Wilayah dan Kota. Acara dibuka oleh MC Ardhianto dan Lina Sartika pada pukul 07.00 WIB dan dilanjutkan dengan penyampain Safety Induction oleh Adhiatma Setiawan Nugroho. Pelatihan dilaksanakan selama 10 jam dengan tiga materi yaitu materi jurnalistik yang disampaikan oleh Faqih Sulthan (Pemimpin Umum LPM Manunggal Universitas Diponegoro 2017), desain grafis yang disampaikan oleh Wildan Bachtiar (Kepala Departemen Kantor Media Informasi BEM Universitas Diponegoro tahun 2016), dan videografis oleh Prio Wicaksono (Unearth Creative Studio). Dari pelatihan ini diharapkan anggota OSH FORUM 2018 dapat mengaplikasikan ilmunya sebagai bekal di dunia kerja.

3

Saat ini, semakin dibutuhkan orang – orang dengan kompetensi yang lebih agar dapat menguasai pangsa pasar. Termasuk dalam hal menjadi safety officer, yang membutuhkan suatu keahlian dalam bidang media agar dapat membuat para pekerja lebih paham mengenai  peraturan yang berlaku di perusahaan.

IMG_0631

Kegiatan pelatihan media ini dimulai dari pelatihan jurnalistik, dimana anggota OSH Forum 2018 diberikan wawasan lebih mendalam tentang jurnalistik dan karakteristiknya. Selain itu, anggota OSH Forum 2018 juga mempraktikkan cara penulisan release yang benar bersama Faqih Sulthan. “Pada akhirnya seorang penulis akan menemukan metode menulisnya sendiri, maka menulislah!” pesan Faqih.

IMG_0595

Selain jurnalistik, pelatihan yang didapatkan yaitu materi desain. Dengan berbekal Corel, anggota OSH Forum mempelajari cara membuat poster safety dipandu oleh Wildan Bachtiar. Banyak teknik-teknik dalam pembuatan poster yang diajarkan sehingga anggota OSH Forum lebih mengerti dalam penggunaan Corel.

2

Setelah pelatihan desain dilanjutkan dengan materi videografis. Prio Wicaksono memberikan teori–teori yang ada dalam videografi dan cara pengambilan video yang menarik. Kemudian, peserta memulai praktik pengambilan video dilanjutkan dengan proses editing. Di akhir, ditampilkan dua video yang telah selesai proses editing menggunakan Sony Vegas Pro 13.

4

Selama kegiatan berlangsung peserta sangat antusias karena selain mendapatkan teori peserta juga dapat mempraktikkan langsung ilmu yang didapat, Acara pelatihan media ini ditutup pada pukul 17.00 WIB oleh MC dan diakhiri dengan foto bersama.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *