OSH FORUM 2018 BERGERAK MENANAMKAN BUDAYA SAFETY SEJAK DINI

May 13, 2018 0 Comments in Event by

Sabtu (12/5/18) telah dilaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat pada anak-anak RT 07 Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, Semarang oleh OSH Forum FKM Undip 2018. Kegiatan pengadian masyarakat ini bertemakan pengenalan safety sejak dini kepada anak-anak.  Kegiatan ini bertempatan di kediaman Bapak Judie selaku Ketua RT 07 Kelurahan Bulusan. Pada pukul 16.00 WIB dengan dipandu oleh seorang Master of Ceremony (MC) Agata Medeline serta sambutan singkat dari Bapak Judie, kegiatanpun dimulai.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membentuk karakter anak-anak agar dapat menerapkan safety dalam kehidupan sehari-harinya sejak dini, diharapkan pula setelah kegiatan ini anak-anak dapat lebih peka terhadap bahaya-bahaya di lingkungan sekitar dan diharapkan anak-anak mampu menjaga dirinya secara mandiri dalam setiap aktivitasnya”. Tutur Kartika Wahyuning Purnama selaku Project Officer Pengabdian OSH Forum FKM UNDIP 2018.

Materi pencerdasan mengenai safety riding disampaikan oleh salah satu anggota OSH Forum FKM Undip 2018 yaitu Listritika Sinaga. Dengan apik materi disampaikan mulai dari pengenalan safety sejak dini, pemutaran video tentang keselamatan berkendara pada anak-anak, serta pengenalan sign atau rambu-rambu di jalan raya.

PENGMAS_3

Kegiatan berlangsung dengan kondusif dan mendapatkan antusiasme yang tinggi dari anak-anak Ketua RT 07 Kelurahan Bulusan. Tak lengkap rasanya dalam suatu kegiatan pencerdasan hanya diisi oleh materi, untuk itu sebagai puncaknya kegiatan ini diisi dengan simulasi dan praktik. Dengan dekorasi sederhana, panitia merubah sebuah area lapang masih dekat rumah Bapak RT menjadi tempat simulasi lengkap dengan trotoar, jalan, rambu-rambu lalu lintas serta beberapa kendaraan bermotor. Simulasi dan praktik yang dilakukan tak lain adalah mengenai cara penggunaan helm yang baik, bagaimana menyeberang jalan yang benar, tata cara menaiki sepeda motor saat dibonceng, serta cara berjalan di jembatan jalan atau trotoar jalan. Anak-anak RT 07 Kelurahan Bulusan sangat bersemangat mengikuti kegiatan simulasi dan praktik ini. Dipenghujung kegiatan, dilakukan foto bersama panitia OSH Forum FKM Undip 2018 dengan anak-anak RT 07 Kelurahan Bulusan, Bapak Judie serta beberapa warga yang turut mendukung terlaksananya kegiatan ini.

PENGMAS_1

PENGMAS_2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *