OPTIMALISASI PENERAPAN BUDAYA K3 SEBAGAI PERAN AHLI K3 DALAM MEWUJUDKAN MASYARAKAT INDUSTRI YANG BERKARAKTER K3 ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Oct 22, 2018 0 Comments in Event by

SELECTED_SEMNAS_3

Semarang, 20 Oktober 2018 telah dilaksanakan Seminar Nasional K3 2018. Seminar Nasional K3 ini merupakan salah satu program tahunan yang diadakan oleh OSH FORUM FKM UNDIP dengan mengangkat berbagai tema yang berbeda. Pelaksanaan Semina Nasional K3 2018 ini diadakan di Gedung Astina Hotel UTC Semarang dengan mengangkat tema “Optimalisasi Penerapan Budaya K3 Sebagai Peran Ahli K3 Dalam Mewujudkan Masyarakat Industri Yang Berkarakter K3 Era Revolusi Industri 4.0” yang dihadiri oleh 925 peserta.

SEMNAS_11

Acara Seminar Nasional K3 2018 dimulai pukul 08.30 WIB dan dibuka dengan pelaksanaan upacara adat dan pemukulan gong oleh Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat. Seminar Nasional K3 2018 ini mendatangkan 4 pembicara yang berkompeten dan berpengalaman di bidang K3 dari berbagai sektor industri dan 1 keynote speaker. Pemaparan materi yang disampaikan oleh pembicara ini dibagi dalam 2 sesi seminar.

SEMNAS_1

Pada sesi pertama, seminar fokus pada topik terkait revolusi industri 4.0 dan penerapannya pada tempat kerja yang di moderatori oleh Marina Kartikawati, SKM, MKKK. Pemaparan terkait Revolusi Industri 4.0 disampaikan oleh keynote speaker revolusi industri 4.0  Drs. Herman Prakoso, MM yang diwakilkan oleh  Herman Bagus Wicaksono, ST, MK3 selaku Kepala Subdit Pengawasan Norma Kelembagaan, Keahlian K3 dan SMK3, Direktorat PNK3 Kementerian Ketenagakerjaan. Sedangkan untuk penerapan revolusi industri 4.0 disampaikan oleh  Ir. Bagya Sugihartana, MM selaku Direktur Produksi PT. Pupuk Kalimantan Timur,  Ir. Abdul Haris Tatang, M.Sc selaku Direktur EPC & Foreign Partnership PT. PP (Persero) Tbk dan  Haryadi, SKM selaku Pembina HSE Indonesia Regional Karawang dan HSE PT. Gemala Kampa Daya (PT. Astra Otoparts Tbk).

SELECTED_SEMNAS_8

SELECTED_SEMNAS_2

Selanjutnya sesi kedua Seminar Nasional K3 2018 ini fokus pada topik terkait budaya K3 dan peran ahli K3 di tempat kerja yang dimoderatori oleh M. Fadri Al Baihaqi, SKM, MH. Pemaparan terkait budaya K3 dan peran ahli K3 di tempat kerja disampaikan oleh Dwi Indriyani, SKM selaku Senior HSSE Analyst PT. Pertamina EP. Peserta yang hadir dalam acara Seminar Nasional K3 2018 ini sangat antusias dengan topik dan materi yang disampaikan oleh para pembicara, hal ini terlihat dari peran aktif peserta pada saat sesi tanya jawab. Meskipun tidak semua peserta dapat menyampaikan pertanyaannya, peserta terlihat puas dengan jawaban dan materi yang disampaikan oleh pembicara.

SELECTED_SEMNAS_4

SEMNAS_9

Selain penyampaian materi oleh pembicara, pada Seminar Nasional K3 2018 ini juga terdapat berbagai hiburan yang disuguhkan, diantaranya tari laskar mayangkara, OSHkustik dan tari ratoeh jaroe. Sebagai puncak dari serangkaian acara dan lomba yang telah diadakan oleh OSH FORUM FKM UNDIP diantaranya adalah peringatan bulan K3, Lomba Poster, Training K3 Smart Safety Competition (SASECOM), pada akhir acara seminar terdapat sesi pemberian hadiah dan penghargaan bagi para pemenang lomba. Dan acara ditutup dengan adanya tarian persembahan dari panitia seminar yang menandakan secara resmi berakhirnya serangkaian dari Seminar Nasiona K3 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro tahun 2018.

SELECTED_SEMNAS_7

Pelaksanaan acara Seminar Nasional K3 2018 ini tentunya tidak akan berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya bantuan dari segenap civitas akademika Universitas Diponegoro, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Program Studi Magister Promosi Kesehatan, Ikatan Alumni Keselamatan dan Kesehatan Kerja (IKAK3) FKM Undip, pihak pemberi materi dari PNK3 KEMENAKER RI, PT. PP (Persero) Tbk, PT. Pupuk Kalimantan Timur, PT. Gemala Kempa Daya (PT. Astra Otoparts Tbk), PT. Pertamina EP, PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk dan PT. Adhi Karya (Persero) Tbk. Selain itu terimakasih kepada pihak sponsorship dan media partner dari PLN, Bank Mandiri, PT. Adhi Karya (Persero) Tbk,  PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk, MSI, UTC, Tribun Jateng, Virgin, Mustikaratu, Anak Panah Coffee, Laundry Lab, Mandiri Art, Go-Fit, Dipo Rental, Safety First Indonesia, Safety in My Life, Bocah Tembalang, Event-Jogja, Media Event, Event Banyuwangi, Sonora, Info Lomba, Seminar Jogja, FKM UAD, Himatekk3 PPNS, Pesan Bocah Undip, Event Mahasiswa, All About Safety, Info Seminar Indonesia, Kabar Undip, Jogja Jateng, Event Mahasiswa88, Publica Health, Kampus Update, Safety Indo, Semarang Student, Pro Alma FM, Trax Fm, SS FM, Event Kampus dan Anak Teknik Indonesia yang telah mendukung sehingga terlaksana acara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *