MAHASISWA K3 FKM UNDIP PELAJARI K3 SEKTOR AVIASI DI PT ANGKASA PURA I BANDARA INTERNASIONAL JENDERAL ACHMAD YANI SEMARANG

Nov 16, 2018 0 Comments in News by

Semarang, 13 November 2018 Sebanyak 61 mahasiswa Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan kunjungan industri prtama ke sektor aviasi PT Angkasa Pura I Bandara International Jenderal Ahmad Yani Semarang. Kunjungan Industri dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Dalam kunjungan ke bandara, mahasiswa K3 FKM Undip disambut oleh Koordinator Safety dan Safety Officer dari Bandara International Jenderal Ahmad Yani Semarang dengan menjelaskan mengenai kegiatan yang akan dilakukan selama berada di bandara.

Selesai diberikan penjelasan, mahasiswa melakukan plant tour yang diawali dari gedung parkir bandara, kemudian menuju area kedatangan, area screening check point hingga ke area airside bandara.

Mahasiswa diajak untuk berdiskusi santai mengenai design bangunan dan sistem inspeksi yang diberlakukan di area gedung parkir. “Tidak hanya pada bangunan bandara saja, akan tetapi fasilitas di gedung parkir juga diberlakukan inspeksi yang tersistem. Jadi bisa belajar mengenai implementasi sistem inspeksi di tempat kerja secara nyata.” tutur Laila Ariniawati, salah satu mahasiswa K3 FKM Undip.

1

Setelah mengunjungi area gedung parkir, dilanjutkan dengan pengenalan fasilitas lain yang berada di dalam bandara. Salah satu tempat yang dikunjungi mahasiswa adalah airside bandara. Mahasiswa sangat antusisas ketika berada di airside bandara karena dapat melihat area runaway dan terminal pesawat udara secara langsung. Selain itu, mahasiswa juga diberikan penjelasan mengenai penerapan sistem manajemen keselamatan yang ada di Bandara International Jenderal Ahmad Yani Semarang yaitu Safety Management System.

2

“Banyak ilmu dan pengalaman baru yang didapatkan dari kunjungan industri sektor aviasi ini, kami jadi bisa lebih mengetahui mengenai sistem keselamatan di sektor penerbangan.” tutur Chriselys Kinski Situmorang, salah satu mahasiswa K3 FKM Undip.

Kegiatan kunjungan industri ditutup dengan pemberian cideramata dari K3 FKM Undip kepada PT Angaksa Pura I Bandara International Jenderal Ahmad Yani Semarang, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

3

4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *