MAHASISWA K3 FKM UNDIP GALI WAWASAN K3 KONSTRUKSI DI PT. JAYA KONSTRUKSI – PART II

Oct 24, 2018 0 Comments in News by

Sebanyak 61 mahasiswa Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro (UNDIP) melakukan kunjungan industri sektor konstruksi ke PT. Jaya Konstruksi yaitu pada Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Pekerjaan Bangunan Penunjang Paket IV: Gedung Empu dan Cargo. Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 24 Oktober 2018.

Dosen Peminatan K3 FKM UNDIP yang mendampingi, Bina Kurniawan SKM, M.Kes. Ia mengatakan mahasiswa tidak boleh hanya belajar di kampus, mereka juga harus tahu bagaimana kondisi yang terdapat di lapangan serta bahaya-bahaya apa saja yang dihadapi pekerja selama melakukan pekerjaannya.

“Mahasiswa harus tahu bagaimana seluk beluk proses industri sektor konstruksi, sebagaimana kita tahu ada banyak sekali bahaya yang dihadapi pekerja di lapangan. Pada kunjungan ini mahasiswa juga dapat belajar langsung dalam menyusun dokumen HIRADC (Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control) ”.

Dalam kunjungan ke proyek konstruksi ini, mahasiswa disambut oleh Manager Proyek, Engineer serta Safety Officer dengan memberikan safety induction serta penjelasan mengenai proses pengerjaan proyek.

Selesai diberikan sambutan, mahasiswa diajak untuk keliling melihat proses pengerjaan Gedung Empu dan Cargo dari dekat. Selama berkeliling, PT. Jaya Konstruksi terbuka dengan berbagai pertanyaan yang diajukan mahasiswa, sehingga mahasiswa semakin antusias mengikuti “tour”.

“Tidak hanya sekedar melihat-lihat, akan tetapi kami juga mendapatkan pengalaman langsung proses implementasi K3 di lapangan. Sesi diskusi juga dilakukan sangat menarik, tidak terkesan kaku melainkan fleksibel. Belajar dengan santai tapi serius dan mengena!” tutur Intan Alfina, salah satu mahasiswa K3 FKM Undip.

Rizal Bahtiar, juga mahasiswa K3 FKM Undip mengatakan, “Kunjungan kuliah lapangan di bandara ini merupakan kegiatan positif dalam rangka meningkatkan skill mahasiswa peminatan K3 FKM Undip dalam mempersiapkan diri untuk menjadi profesional ahli K3 yang unggul. Sehingga visi Indonesia Berbudaya K3 akan segera tercapai.”

Setelah berkeliling mengamati satu-persatu kegiatan di lapangan, mahasiswa diperkenankan menyampaikan kesan dan pesan kepada perusahaan. Tidak hanya sampai disitu, PT. Jaya Konstruksi memberikan kuis kecil-kecilan berhadiah yang semakin meningkatkan euphoria mahasiswa.

Kegiatan ditutup dengan pemberian cideramata dari K3 FKM Undip kepada PT. Jaya Konstruksi Proyek Pengembangan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang Pekerjaan Bangunan Penunjang Paket IV: Gedung Empu dan Cargo dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *