Kuliah Umum dan Training #5 2016: Coal Mining Process and JSEA

Jan 18, 2017 0 Comments in News by

IMG_5798

Kuliah umum dan training yang kelima sekaligus menjadi kuliah umum yang terakhir di tahun 2016 ini diselenggarakan pada Hari Rabu, 25 Mei 2016 di Gedung E FKM Universitas Diponegoro. Kuliah umum kelima ini bertemakan “coal mining process and JSEA”. Kuliah umum terakhir ini diberikan oleh seorang alumni OSH Forum yang berpengalaman bekerja sebagai seorang safety officer di industri pertambangan, yakni Kak Turmudzi Nur. Kak Turmudzi Nur saat ini sedang bekerja di PT. Darma Henwa Tbk sebagai seorang safety officer.

IMG_5806

Kegiatan kuliah umum dimulai dengan pembukaan acara sekaligus penjelasan singkat rundown kegiatan secara umum oleh Khansa Fauzia selaku pembawa acara. Seperti biasanya, tidak lupa dilakukan pengarahan keselamatan oleh Regina Pradesi, pembacaan doa oleh Wahyu Kusgianto dan sambutan oleh Andri Dwi Puji selaku ketua OSH Forum 2016. Memasuki inti acara, Kak Turmudzi mengenalkan profil PT.Darma Henwa kepada para peserta terlebih dahulu. Beliau memberikan penjelasan terkait perbedaan owner, mine con, con, dan sub con dalam dunia pertambangan. Beliau juga memberikan gambaran proses pertambangan. Berdasarkan penjelasan yang diberikan, diketahui setidaknya terdapat enam tahap proses pertambangan. Tahap pertama yaitu proses eksplorasi atau tahapan pencarian kandungan batu bara, tahap kedua yaitu studi kelayakan atau uji kelayakan tempat yang akan di tambang, tahap ketiga development atau pembangunan infrastruktur, tahap selanjutnya yaitu eksploitasi atau tahapan dilakukannya proses penambangan dan pengolahan sumberdaya untuk kebutuhan manusia kemudian dilanjut dengan proses pengolahan dan pemasaran. Selain tahapan atau proses penambangan, beliau juga menjelaskan metode penambangan yang terdiri atas metode tambang terbuka dan tambang bawah tanah.

IMG_5832

Kemudian setelah itu, masuk pada penjelasan materi terkait JSEA. Job Safety Environment Analysis (JSEA) adalah metode yang lebih menekankan pada tahapan atau langkah proses kerja yang lebih detail dibadingkan HIRA. Beliau memberikan contoh aplikasi JSEA pada pekerjaan mengoperasikan komputer dan pekerjaan lainnya yang banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah pemberian materi terkait JSEA, Kak Turmudzi memberikan pelatihan pengisian JSEA.

IMG_5843


IMG_5845


IMG_5851

Mahasiswa diberikan waktu untuk mengisi form JSEA dengan bahan analisis kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan di sekitar kampus. Para peserta meninggalkan tempat untuk melakukan pengamatan. Setelah waktu yang diberikan berakhir, Kak Turmudzi memberikan penjelasan cara pengisian JSEA guna perbaikan bagi para peserta. Para peserta kuliah umum dan training diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan seputar materi pada sesi tanya jawab setelah sesi pengisian form JSEA selesai. Sesi tanya jawab mengakhiri kuliah umum dan training terakhir tersebut. Pemberian bingkisan dan foto bersama Kak Turmudzi melengkapi akhir kebersamaan pada kuliah umum dan training kali ini.

IMG_5867

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *