Kuliah Umum dan Training #4 2016: Safety Leadership

Jan 18, 2017 0 Comments in News by

IMG_5734

Kuliah umum keempat dengan tema “ safety leadership”  ini diselenggarakan pada Hari Kamis, 19 Mei 2016 di Gedung E FKM Universitas Diponegoro dengan pembicara seorang alumni OSH Forum yang sudah tidak asing lagi di dengar namanya, yaitu Kak Sigit Dwi Pamungkas.


Kegiatan kuliah umum dimulai dengan pembukaan acara sekaligus penjelasan singkat rundown kegiatan secara umum oleh Angga Silahudin dan Yunita selaku pembawa acara. Sebelum memasuki acara inti, tidak lupa dilakukan pengarahan keselamatan oleh Chilvy Saputra, pembacaan doa yang dipimpin oleh Wahyu Kusgiyanto dan sambutan oleh Andri Dwi Puji selaku ketua OSH 2016. Kuliah umum keempat yang di moderatori oleh Angga Silahudin dilanjutkan dengan pemberian pretest yang diberikan oleh Kak Sigit. Lembar kertas pretest yang dibagikan memuat konten daftar peran seorang safety professional dan line organisasi yang disusun secara acak. OSH 2016 selaku peserta kuliah umum diminta memilih setiap peranan yang ada, apakah peranan yang disebutkan adalah peran seorang safety professional ataukah peran line organisasi. Keseruan sangat terlihat pada saat pretest ini. Peserta masih banyak yang merasakan kebingungan karena minimnya pengalaman dan pengetahuan. Setelah waktu pretest berakhir, Kak Sigit memberikan penjelasan pada setiap peran yang tertulis dan dilanjut dengan pemberian materi terkait safety leadership.

IMG_5741


IMG_5749


IMG_5753


Hal penting yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peserta mampu membedakan peran seorang safety professional dan peran line organisasi terkait masalah keselamatan dan kesehatan kerja. Fakta yang diperoleh adalah bahwa tidak semua hal berkenaan dengan keselamatan adalah tugas seorang health safety officer (HSE). Safety juga harus terdapat pada line organisasi. Karakter yang ditekankan sekali pada seorang HSE oleh Kak Sigit adalah bahwa seorang HSE haruslah kreatif agar bisa menghasilkan berbagai bentuk intervensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)  bagi pekerja yang sangat ampuh untuk mencegah berbagai kecelakaan dan penyakit akibat kerja namun tidak memberatkan bagi pekerja.

IMG_5768

Setelah pemaparan materi, para peserta kuliah umum diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan yang berkenaan dengan materi yang diberikan. Pemberian bingkisan dan foto bersama Kak Sigit mengakhiri kebersamaan pada kuliah umum ketiga yang diselenggarakan pada Hari Kamis, 19 Mei 2016 tersebut.

IMG_5775

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *