Kuliah Umum dan Training #2 2016: Safety Sektor Konstruksi

Apr 14, 2016 0 Comments in Event by
Kuliah Umum dan Training #2 2016: Safety Sektor Konstruksi

Kegiatan kuliah umum bersama Kak Padang OSH 2014 dilaksanakan pada hari Kamis, 31 Maret 2016 di Gedung E FKM Universitas Diponegoro. Kegiatan kuliah umum dimulai dengan pembukaan acara sekaligus penjelasan singkat rundown kegiatan oleh pembawa acara Aiman MJ. Sebelum masuk ke acara inti, dilakukan pembacaan safety induction oleh Khansa F.R, pembacaan doa yang dipimpin oleh Wahyu serta pemberian sambutan oleh Andri Dwi Puji selaku ketua OSH 2016. 


Acara selanjutnya adalah kuliah umum yang diberikan oleh Kak Padang. Kuliah umum diawali dengan pengenalan K3 di sektor konstruksi dan penjelasan latar belakang pengambilan materi yang diberikan pada kuliah umum saat itu. Sebelum menjelaskan tentang investigasi kecelakaan, Kak Padang memberikan layout proyek tempat ia bekerja sekarang yaitu di PT. Jaya Konstruksi, Proyek Puri Indah Financial Tower. Lalu, penjelasan materi diawali dengan penjelasan terkait safety manajemen yang terdiri dari plan, do, check dan act, kemudian masuk ke dalam penjelasan terkait investigasi kecelakaan. Investigasi kecelakaan merupakan cara untuk memperbaiki kondisi agar tidak terjadi lagi kecelakaan di suatu tempat kerja. Dalam penjelasan seputar materi, dijelaskan bagaimana langkah-langkah untuk melakukan investigasi kecelakaan.


Guna lebih memperdalam pemahaman, dilakukan pelatihan untuk membuat laporan investigasi kecelakaan. Pembuatan laporan didasarkan pada kasus yang diberikan oleh Kak Padang. Setelah dilakukan pelatihan pembuatan laporan investigasi kecelakaan, kegiatan dilanjut dengan sesi tanya jawab dengan membuka dua termin pertanyaan yang mana masing-masing termin memberikan kesempatan pada tiga penanya. 


Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan kesimpulan oleh Novita Ayu selaku moderator dan penyerahan bingkisan kepada Kak Padang yang diwakili oleh Andri Dwi Puji. Kuliah umum dan training 2 pada hari itu, diakhiri dengan foto bersama OSH 2016 dengan Kak Padang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *