FIRST AID TRAINING SEBAGAI BEKAL CALON AHLI K3

Apr 9, 2019 0 Comments in Event by

Sabtu, 6 April 2019 telah dilaksanakan First Aid Training. Kegiatan ini ditunjukkan sebagai bekal dan pengembangan skill bagi mahasiswa peminatan K3 (Keselamatn dan Kesehatan Kerja) Fakultas Kesehatan Masyarakat Unversitas Diponegoro.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00-17.00 WIB. Kegiatan First Aid Training dibuka dengan sambutan dari Kepala Bagian K3, Bapak Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes serta Perwakilan PMI (Palang Merah Indonesia) Wilayah Provinsi Jawa Tengah. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian kelompok untuk menuju section penanganan kedaruratan, section BHD (Bantuan Hidup Dasar), section cidera jaringan lunak, section cidera alat gerak dan section Evakuasi dan Triage.

Pada setiap section, materi disampaikan oleh fasilitator dari PMI (Palang Merah Indonesia) Provinsi Jawa Tengah. Mahasiswa terlihat begitu antusias saat mendengarkan penjelasan dari para fasilitator kemudian langsung melakukan praktik.

1FA

2FA

Kegiatan diakhiri dengan simulasi gempa bumi selama 30 menit dan para peserta dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama memerankan peran sebagai korban gempa bumi sedangkan kelompok kedua memerankan sebagai tim penolong. Kelompok kedua yang bertugas sebagai tim penolong mempunyai job description masing-masing seperti, commander, tim triage, tim evacuator, tim safety officer, tim logistik, tim penyelamat dokumen serta tim pendata korban.

3FA

4FA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *