FIRE FIGHTING AND RESCUE TRAINING OSH FORUM 2019

Apr 10, 2019 0 Comments in Event by

Minggu, 7 April 2019 OSH Forum 2019 telah melaksanakan kegiatan Fire Fighting and Rescue Training. Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang. Kegiatan Fire Fighting and Rescue Training dimulai pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh Pak Kus mengenai perlatan pemadaman kebakaran, cara memadamkan kebakaran, APD (Alat Pelindung Diri) yang digunakan oleh seorang pemadam kebarakan dan cara mematikan api kecil dan api akibat gas LPG yang bocor. Pada sesi ini peserta berkesempatan untuk mempraktikan cara memadamkan api kecil yang didampingi oleh tentor dari Damkar.

Materi dilanjutkan mengenai teknik evakuasi pada saat kebakaran dengan cara membopong, menggendong, menarik korban, membawa korban pada saat di ruangan sempit dan sebagainya oleh Pak Sutoto dari Damkar. Selanjutnya, peserta melakukan praktik pemadaman api dari yang paling sederhana hingga yang kompleks, yaitu menggunakan APAT (Alat Pemadam Api Tradisnional), APAR (Alat Pemadam Api Ringan), serta Hydrant. “Saat melakukan pemadaman yang perlu kita lakukan adalah tetap tenang, menguasai tekniknya, dan jangan pernah ragu dan takut saat sudah berada di depan api” kata Khansa Salsabila Afaf salah satu peserta kegiatan Fire Fighting and Rescue Training.

51

21

31

Peserta sangat antusias saat melakukan praktik menggulung selang hydrant, membawa selang hydrant, dan menggunakan hydrant untuk memadamkan api layaknya petugas pemadam kebakaran. Kegiatan diakhiri dengan simulasi pemadaman api dan evakuasi korban di sebuah gedung bertingkat yang mengalami kebakaran.

41

11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *