#CeritaAnakMagang – PT Pertamina dan PT WIKA

Oct 14, 2016 0 Comments in News by
#CeritaAnakMagang – PT Pertamina dan PT WIKA

Saya melaksanakan kegiatan magang di dua perusahaan yaitu di PT. Pertamina dan PT.WIKA. Magang pertama di PT. Pertamina RU IV dilakukan dari tanggal 9 Mei-30 Juni 2016. Tim magang saya adalah Kartika dan Yunita. Kegiatan awal sebelum magang di PT. Pertamina adalah membuat HSE passport atau id card dan mengikuti tes tertulis. PT. Pertamina memiliki divisi HSE (Health Safety and Environmental) yang terdiri dari empat bagian, yaitu bagian Occupational Health, Safety, Fire and Insurance dan Environment. Kami memilih bagian Occupational Health (OH) untuk mendalami masalah kesehatan kerja.

Selama magang di Pertamina, kami melakukan banyak kegiatan. Minggu pertama kami mengikuti pelatihan fire fighting yang diadakan oleh Fire and Insurance Section. Kemudian minggu berikutnya kami melakukan kegiatan pengukuran tingkat kebisingan di area Utilities 05, 50 dan 500. Tingkat kebisingan diukur dengan menggunakan sound level meter. APD yang wajib dipakai ketika memasuki area dengan potensi bahaya kebisingan yaitu ear plug atau ear muff. Kami melakukan pengukuran di semua mesin yang menghasilkan kebisingan tinggi. Rata-rata kebisingannya sudah melebihi nilai ambang batas (>85 dBA)  karena range nya berkisar 90 sampai 140 dBA.

Selain kegiatan pengukuran kebisingan, kami mengikuti kegiatan seperti inspeksi seperti inspeksi APAR, inspeksi mobil pemadam kebakaran, inspeksi pompa di dermaga, inspeksi pipa dan lain-lainnya. Kami juga memberikan safety induction untuk pekerja baru dan safety talk untuk para pekerja.

48390

Berbeda dari sektor sebelumnya, kami memilih sektor konstruksi sebagai magang kedua kami. Kami magang di PT. Wijaya Karya yang tepatnya di proyek pembangunan gedung kantor pusat PT. Yodya Karya (Persero). Proyek ini letaknya disebelah kantor pusat PT. WIKA di Cawang, Jakarta Timur. Magang kedua dimulai dari tanggal 13 Juli 2016 hingga 14 Juli 2016. Tim magang saya ketika di PT. WIKA adalah Regina dan Tika. Di proyek PT.WIKA, kami ditempatkan di divisi SHE (Safety, Health and Environmental). Waktu kerja kami setiap hari adalah dari hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.30 – 22.00 WIB.

Kegiatan sehari-hari yang kami lakukan yaitu safety morning talk, yaitu kegiatan pemberian materi kepada pekerja proyek setiap pagi jam 07.30 WIB. Kegiatan lainnya adalah safety quis yang dilakukan setiap hari kamis bersamaan dengan pemberian makanan tambahan. Saat magang di PT. WIKA, kami juga mengikuti kegiatan pelatihan fire fighting yang dilakukan oleh PT.WIKA pusat.

48397

Kegiatan rutin yang kami lakukan di PT. WIKA yaitu melakukan RCA (Risk Contain Audit) atau pemantauan potensi-potensi bahaya yang ada di area proyek setiap harinya. Kami juga berkesempatan memberikan safety induction kepada pekerja baru dan kepada mahasiswa magang yang baru masuk. Kegiatan lainnya yang kami lakukan adalah membantu pelaksanaan MCU (Medical Check Up) untuk para karyawan dan pekerja di area proyek. Ketika ada pekerja yang mengalami luka atau kecelakaan ringan, kami juga ikut memberikan pertolongan pertama.

Sekian cerita magang saya di PT. Pertamina dan PT. WIKA, semoga bisa menginspirasi. Terima kasih. (Wahid Kurniawan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *