ALUMNI PUNYA CERITA : YOHANA AMELIA GABRIELLA, SKM

Mar 12, 2021 0 Comments in Uncategorized by

WhatsApp Image 2021-03-12 at 18.46.10

Halo Sobat Safety, APC kembali lagi nih!

Kali ini APC mau bagi-bagi pengalaman dari Kak Yohana Amelia Gabriela yang akrab di sapa Kak Gabby nih guys. Beliau merupakan alumni OSH Forum 2014 serta FKM angkatan 2011 dan saat ini bekerja sebagai Inspector di PT. SUCOFINDO (Persero) di kantor pusat yang berlokasi di Jakarta Selatan. Pelatihan-pelatihan yang pernah dijalan kak Gabby yaitu AK3U, ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001, First Aid, Fire Fighting dan Water Rescue, ISO 31010 serta ISO 26000.

Sebelumnya, Kak Gabby juga pernah bekerja sebagai QSHE & Risk Management Officer pada tahun 2016 hingga 2017. Kegiatan selama menjadi QSHE & Risk Management Officer yaitu memastikan dan menjamin kepatuhan terhadap implementasi seluruh persyaratan Sistem Manajemen Korporat yang ditetapkan oleh perusahaan, seperti ISO 9001, IS0 17020, ISO 17025, ISO 14000, ISO 31000, OHSAS 18000, 5S, dan GCG sesuai dengan standar dan persyaratan yang telah ditetapkan perusahaan, persyaratan perundang-undangan serta standar lokal, nasional serta internasional. Didalam kegiatan tersebut juga mencakup hal-hal seperti pengumpulan data-data terkait kinerja K3L dan membuat laporan ke pihak terkait, perencanaan dan melakukan kegiatan audit internal secara berkala, inspeksi K3 rutin di cabang dan unit pelayanan, serta melakukan asesmen dan mitigasi risiko sesuai lingkup pekerjaan guna mendukung atasan dalam meminimalisir risiko dari setiap kegiatan/keputusan yang diambil.

Menurut Kak Gabby, pengalaman menarik yang dialami selama bekerja yaitu dialih tugaskan ke posisi yang pekerjaan utamanya tidak terkait penuh dengan K3. “Seorang Ahli K3 yang tidak bekerja dilapangan/dibidangnya bukan berarti akhir dari segalanya, justru itu merupakan tantangan tersendiri untuk saya agar senantiasa mengimplementasikan dan menjadi role model bekerja dengan menerapkan K3 di kantor kepada rekan kerja lainnya. Karena setelah dijalani saya tersadar bahwa ternyata ilmu K3 diperlukan dan bisa diimplementasikan, dimanapun dan apapun pekerjaanya. Misalnya untuk pekerja kantoran, kita bisa memberi masukan kepada manajemen terkait ilmu ergonomi yang sangat penting mengingat pekerjaan yang mengharuskan stay dikursi dan meja kerja selama kurang lebih 8 jam setiap harinya, juga safety induction untuk setiap acara yang khususnya menghadirkan tamu undangan dari luar kantor, dan lain sebagainya.” terang Kak Gabby.

Kak Gabby berpesan, “selain belajar dengan giat, jangan lupa asah soft skill dengan mengikuti banyak kegiatan baik yang berkaitan dengan mata kuliah maupun tidak, percayalah tidak akan ada ilmu dan pengalaman yang sia-sia.”

Kak Gabby menutup sesi APC dengan quotes yang bertujuan untuk remind kita sebagai Ahli K3 bergelar SKM yang berbunyi, “Jangan lupa, SKM itu adalah Sarjana Kesehatan Masyarakat, apapun pilihan minatmu, usahakan untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai penting dan tujuan seorang Sarjana Kesehatan Masyarakat dimanapun kalian berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *