Alumni Punya Cerita : Wira Wipra, SKM

Jun 12, 2020 0 Comments in News by

WhatsApp Image 2020-06-12 at 14.51.11

Halo Sobat Safety, APC kembali lagi nih!

APC edisi kali ini ada cerita dari kak Wira Wipra yang biasa dipanggil Kak Wira. Kak Wira merupakan alumni OSH Forum 2006 dan FKM Angkatan 2003. Saat ini kak Wira bekerja di PT Solusi Bangun Indonesia Tuban sebagai Safety Officer. Kak Wira sudah bekerja di PT SBI Tuban selama kurang lebih 7 tahun. PT Solusi Bangun Indonesia merupakan perusahaan sektor manufaktur industri semen.  Sebelum bekerja di PT SBI Tuban, Kak Wira bekerja di Coal Maining Kalimantan selama kurang lebih 3 tahun.

Kak Wira menjelaskan bahwa kegiatan kerja di PT SBI Tuban sebagai safety officer yaitu Patroli, Inspeksi, Observasi, Audit Internal Contractor, Training, dan lain sebagainya. Pada bagian safety officer sendiri terdapat 4 orang pekerja. Dalam satu departemen terdapat bagian Safety Officer, Team Rescue, Hygiene Industri Officer, Dokter Perusahaan dan Paramedis.  Kecelakaan kerja yang pernah ditemui di PT SBI Tuban yaitu terjepit equipment, jatuh dari ketinggian, dan adanya lalu lintas truk pengangkut yang memungkinkan adanya resiko bahaya tertabrak, dan lain sebagainya.

Pengalaman menarik yang dirasakan Kak Wira selama bekerja di PT SBI Tuban yaitu ketika awal pembangunan pabrik dimana bisa berkolaborasi dengan beberapa ahli personel kontraktor baik dari indonesia maupun dari negara asing sehingga dapat saling sharing mengenai penerapan K3.

Tips dari Kak Wira ketika mencari pekerjaan sebagai fresh graduate ialah siapkan mental yang kuat dan harus mencari tahu latar belakang perusahaan untuk lebih mengenal perusahaan yang akan dilamar. Kemudian usulkan strategi atau kompetensi yang kita miliki dan paparkan keuntungan perusahaan apabila perusahaan yang kita lamar menerima. Tentunya siapkan ilmu ilmu dan kompetensi – kompetensi yang dimiliki terkait K3.

“Gali informasi terkait K3 lebih luas, tidak hanya dari bangku kuliah saja, cari informasi update di luar kampus terkait perkembangan K3 di dunia kerja baik dalam negeri maupun diluar negeri dan buat inisiatif improvement supaya K3 lebih dapat diterima sekaligus menjadi budaya di Indonesia.” Tutur Kak Wira.

Kak Wira berpesan kalau kita harus terus mencari ilmu terkait K3, jangan mudah berpuas diri dengan ilmu yang ada sekarang karena mencari ilmu harus seluas mungkin. Selain itu, siapkan mental yang kuat untuk menjadi seorang Ahli K3. Ikuti pelatihan- pelatihan maupun sertifikasi untuk menunjang bekal kita nantinya ketika bekerja menjadi seorang Ahli K3.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *