Alumni Punya Cerita : Sayid Adnan , SKM

Jan 15, 2021 0 Comments in News by

Halo sobat safety! Di tahun yang baru ini, APC kembali lagi!

APC kali ini bercerita mengenai pengalaman Mas Sayid Adnan yang biasa dipanggil Mas Sayid. Mas Sayid merupakan alumni angkatan tahun 1999 FKM Undip dan OSH Forum 2002. Saat ini Mas Sayid bekerja di departemen Quality Safety Security Health Environment ( QSSHE ) Assurance PT. MRT Jakarta (Perseroda). Mas Sayid bekerja di MRT Jakarta selama kurang lebih dua tahun. Sebelumnya, Mas Sayid bekerja di pabrik manufaktur otomotif PT. Denso Manufacturing Indonesia / ASMO Indonesia sebagai HSE Enginer selama sepuluh tahun dan beberapa tahun sebelumnya bekerja sebagai Safety Compliance di Apparel Factory dan Field Officer pada NGO HIV/AIDS untuk program PMTCT di Semarang.

Departemen QSSHE Assurance PT. MRT Jakarta, berada di divisi Risk Management dalam naungan direktorat utama. Divisi Risk Management bertugas menyiapkan sistem manajemen pengendalian risiko yang dijalankan oleh unit kerja di semua direktorat. Sementara itu Departemen QSSHE Assurance secara spesifik berfokus pada manajemen risiko yang berkaitan dengan kualitas, K3, lingkungan, dan pengamanan yang berfokus pada siklus Plan-Do-Check-Act (PDCA). Contoh kegiatan yang dilakukan adalah merumuskan kebijakan perusahaan, menetapkan manual dan prosedur kerja yang berbasis SHE, keamanan dan kualitas, melakukan edukasi dan sosialisasi terhadap standar yang ada, melakukan drill atau training, melakukan inspeksi dan audit. Departemen QSSHE Assurance terlibat pula dalam proses investigasi apabila terjadi insiden. Adapun kinerja unit-unit kerja (leading dan lagging indicator), issue internal dan external perusahaan, status pemenuhan peraturan dan persyaratan,  risiko dan peluang yang teridentifikasi serta status pengendalian, hal yang terkait dengan kepuasan pelanggan, hasil audit internal dan external, konsultasi dan partisipasi dari karyawan terhadap program dan kegiatan perusahaan, dan lain sebagainya diolah dan dianalisa untuk selanjutnya dijadikan masukan (input) dalam penyusunan rencana perusahaan dalam lingkup sistem manajemen terintegrasi.

Pengalaman menarik yang didapatkan Mas Sayid yaitu mengembangkan sistem manajemen sekaligus langsung menjalankan sistem tersebut. Pengalaman ini memberikan kesempatan untuk mengasah kepekaan terhadap respon suatu sistem yang dijalankan, meramu tone of the top, dan member voice dalam kegiatan dan program dedicated yang efektif, dan belajar hal menarik lebih banyak lagi.

Pelatihan yang pernah didapatkan oleh Mas Sayid yaitu AK3U, Damkar, Safety Machine Assessment, Observer Construction, Audit ISO 45000, Sistem manajemen lingkungan, sistem manajemen anti penyuapan, Enterprise Risk Management, Business Continuity Management, sistem manajemen keselamatan perekeretaapian dan lain sebagainya.

Mas Sayid berpesan untuk selalu lakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan, karena seseorang diingat dari karya yang dia hasilkan. Selain itu juga selalu belajar dan berusaha, optimalkan setiap kesempatan yang ada, dan jangan lupa meminta restu dari orang tua.

Sekian cerita dari Mas Sayid, see you next APC!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *