Alumni Punya Cerita: Sarah Retno Astrini, S.KM

Jan 10, 2020 0 Comments in News by

1

Hallo Sobat Safety, APC kembali lagi nih. APC edisi kali ini ada cerita dari Kak Sarah Retno Astrini yang biasa dipanggil Kak Sarah. Kak Sarah merupakan alumni OSH Forum 2013 dan FKM Undip Angkatan 2010.  Saat ini Kak Sarah bekerja di PT. Wartsila Indonesia site Lombok. Kak Sarah sudah bekerja di PT. Wartsila Indonesia selama 10 bulan. PT. Wartsila Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Engine untuk power plant ataupun kapal-kapal. Di PT. Wartsila Indonesia Kak Sarah bekerja sebagai HSE Officer dibagian Operation and Maintenance Power Plant. PT. Wartsila merupakan perusahaan internasional yang memiliki beberapa site di Indonesia. Sebelum bekerja di PT. Wartsila, Kak Sarah bekerja di sektor konstruksi selama lima tahun. Selama di sektor konstruksi tempat kerjanya berpindah-pindah mulai dari konstruksi pembangunan kilang, power plant, SPBG dan LRT.

Kak Sarah menjelaskan bahwa di PT. Wartsila Indonesia terdapat beberapa bagian yaitu field service, customer request, project, dan CM atau Contract Management yang biasanya bertanggung jawab pada operasi dan maintenance power plant. Kegiatan yang dilakukan seorang HSE Officer di PT. Wartsila Indonesia yaitu toolbox meeting yang diikuti oleh perwakilan shift, tim maintenance dan management, report yang dilakukan setiap bulan, HSE meeting dilakukan 2 minggu sekali via skype karena semua site di Indonesia dan Timor Leste wajib mengikuti meeting dengan kantor pusat, dan ada monitoring dan supervisi lingkungan.

Pengalaman menarik yang dirasakan Kak Sarah saat bekerja di PT. Wartsila Indonesia adalah ini merupakan pertama kalinya Kak Sarah bekerja dengan orang asing sehingga meningkatkan rasa penasaran untuk meningkatkan kemampuan baik bahasa inggris maupun istilah safety, kemudian teknologi yang maju sehingga dapat dengan mudah terkoneksi dengan sistem sehingga memudahkan dalam bekerja termasuk pelaporan incident accident.

Tips dari Kak Sarah ketika mencari pekerjaan ataupun ketika bekerja yaitu ikuti sertifikasi minimal untuk fresh graduate punya AK3U, saat 2-3 tahun pertama dalam bekerja carilah pengalaman terlebih dahulu jangan terlalu memilah milih bidang pekerjaan, ketika melamar pekerjaan minimal harus tau profile perusahaan tersebut dan standar gaji disana, karena sangat disayangkan apabila ketika wawancara untuk melamar kerja saat ditanya gaji menjawab range sebagai experience bukan sebagai fresh graduate.

“Jangan takut buat mencoba, tekuni bidang yang menurut kalian memang passion kalian, banyak jalan masuk K3”, tutur Kak Sarah.

Kak Sarah berpesan kalau kita harus menambah skill dengan mengikuti sertifikasi-sertiikasi seperti AK3U atau mengikuti pelatihan yang lainnya sebagai bekal nantinya saat mencari pekerjaan dan ketika sudah bekerja karena selain ilmu yang cukup, pelatihan dan sertifikasi itu juga nilai plus untuk seorang fresh graduate.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *