Alumni Punya Cerita : Redo Gusman, SKM

Apr 16, 2021 0 Comments in News by

APC web_April

Halo Sobat Safety, Alumni Punya Cerita is back!!!

Kali ini APC akan membagikan pengalaman dari salah satu alumni OSH Forum 2007 yang sekaligus merupakan alumni FKM UNDIP tahun 2004. Beliau adalah Kak Redo Gusman atau yang lebih familiar dipanggil Kak Redo. Sejak tahun 2018 sampai saat ini beliau berprofesi sebagai inspektur tambang di Kementerian ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia) Ditjen Minerba  (Mineral dan batu bara) yang berada di Kota Jambi. Sebelum pindah tugas ke Jambi, kak redo juga pernah bekerja di Kementerian ESDM Ditjen Minerba yang berada di Jakarta selama 8 tahun, terhitung dari tahun 2010 – 2018. Sebagai seorang inspektur tambang, tanggung jawab yang di emban oleh kak Redo mencakup pembinaan dan pengawasan terhadap kegiatan usaha tambang. Selanjutnya untuk kegiatan yang dilakukan kak Redo selama menjadi inspektur tambang diantaranya meliputi inspeksi (penyelidikan), pengujian, serta peninjauan.

Pada tahun 2009 – 2010 silam, kak Redo pernah bekerja di PT. Panasonic ECGI yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Dengan jabatan kak Redo yang saat itu menjabat sebagai Staf K3 diperusahaan tempat ia bekerja saat itu, kak redo memiliki tanggung jawab sebagai pengelola K3 dan SMK3 secara administrasi dan lapangan. Kegiatan kak redo selama bekerja meliputi meeting mingguan bersama pimpinan, pertemuan P2K3, inspeksi K3, investigasi kecelakaan, safety induction, audit, dan lain sebagainya.

“Anggapan bahwa wanita tidak bisa bekerja di pertambangan sangatlah tidak benar karena pertambangan bukan pekerjaan yang memandang gender melainkan kompetensi. Jadi, mau laki-laki atau perempuan asal orang tersebut memiliki kompetensi yang baik maka orang tersebut memiliki peluang yang sama untuk bekerja di pertambangan tidak peduli apa gender orang tersebut.” Jawab Mas Redo yang menjawab pertanyaan terkait peluang wanita yang ingin bekerja di sektor tambang.

Selama sesi sharing yang dilakukan antara Kak Redo dan Tim APC, tak pernah bosan kak Redo mengingatkan kepada kami kalau di dunia kerja konsistensi, passion, dan attitude sangatlah diperlukan untuk menjadi pekerja yang baik. Tidak peduli apa itu latar belakang kita, apa pekerjaan kita, dan apa jabatan kita, tiga hal tersebut tidak boleh di abaikan apabila kita ingin menjadi pribadi yang berkembang dan bisa mencapai sukses seperti yang kita semua harapkan.

“Apabila hidup untuk kepentingan pribadi, hidup itu sangat singkat. Tapi jika kita hidup untuk diri sendiri dan orang lain, yakni hidup untuk memperjuangkan fitrah, maka hidup terasa panjang dan memiliki makna dalam” ~ Redo G, 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *