Alumni Punya Cerita : Nurcahyo Maulana, SKM, M.Sc

Sep 21, 2020 0 Comments in News by

WhatsApp Image 2020-09-21 at 19.43.49













Halo Sobat Safety, APC kembali lagi nih !!

APC edisi kali ini ada cerita dari Kak Nurcahyo Maulana  yang biasa dipanggil Kak Nurcahyo. Kak  Nurcahyo merupakan alumni OSH Forum 2013 dan FKM angkatan 2010.  Saat ini kak Nurcahyo bekerja di PT PLN (Persero) sebagai Assistant Engineer Environment. Kak Nurcahyo bekerja di PT PLN (Persero) kurang lebih sudah selama 1,5 tahun. Sebelum bekerja di PT PLN, kak nurcahyo pernah menjadi dosen di salah satu Universitas di Kota Semarang dan pernah bekerja freelance di lembaga auditor.

Kak Nurcahyo menjelaskan kegiatannya selama bekerja sebagai AE Environment di PT PLN (Persero) yaitu sebagian besar lebih ke menyusun Feasibility Study dan membantu pelaksanaan K3 di perkantoran. Karena sebagai AE Environment, kak nurcahyo juga banyak bekerja di bagian lingkungan yaitu seputar perencanaan proyek dari pembangkit sudah layak dengan segi lingkungan atau K3 nya. Kegiatan K3 yang dilakukan di PT PLN (Persero) meliputi safety patrol, inspeksi, kegiatan pengawasan di lapangan, dll.

Pelatihan yang pernah diikuti oleh kak nurcahyo yaitu AK3U, Manajemen Risiko ISO 31000, Audit SMK3, Pengelolaan limbah K3, Damkar D dan C, K3 Migas, Climate Change, ESIA (Environmental Social Impact Assesment), dan HSAP (Hydropower Sustainable Assessment Project).

Pengalaman menarik yang pernah dialami kak nurcahyo selama bekerja yaitu bisa ketemu banyak hal – hal baru, harus tau mengenai proses kerja dan mesin mesin di perusahaan, harus belajar dan memahami regulasi dan standar dari lokal maupun luar, dan tentunya harus banyak melakukan perencanaan proyek.

“Belajarlah terus dengan niat yang kuat dan tekun, temukan hal – hal baru, pahami dan pelajari semua ilmu yang pernah didapat di tempat perkuliahan, cari ilmu sebanyak – banyaknya supaya memiliki pandangan yang luas untuk bekal di masa depan ” . Tutur kak Nurcahyo.

Kak Nurcahyo berpesan kalau kita harus belajar lebih giat dan tekun. Kemudian sebagai calon Ahli K3 kita juga tidak hanya harus siap dalam pengetahuan tetapi juga mental, pelajari standar maupun regulasi yang berkaitan dengan K3. Cari ilmu dan informasi sebanyak – banyaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *