Alumni Punya Cerita : Nidya Triyunita, SKM

Oct 17, 2020 0 Comments in News by

APC web revisi

Halo Sobat Safety, APC kembali lagi nih!

APC edisi kali ini ada cerita dari Kak Nidya Triyunita  yang biasa dipanggil Kak Nidya. Kak  Nidya merupakan alumni OSH Forum 2011 dan FKM angkatan 2008.  Saat ini kak Nidya bekerja di RSUP dr. Hasan Sadikin Bandung sebagai staff instalasi K3RS. Kak Nidya bekerja di PT PLN (Persero) kurang lebih sudah selama 3 tahun. Sebelum bekerja di RSUP dr. Hasan Sadiki, kak nidya bekerja di RS juga di bagian kesehatab lingkungan.

Kak Nidya menjelaskan kegiatannya selama bekerja sebagai staff instalasi K3RS yaitu pemantauan proteksi aktif dan pasif, pengumpulan data PAK dan Kecelakaan kerja, insiden investigasi, safety briefing apabila terdapat pembangunan, pengawasan secara berkala, sosialisasi edukasi terkait K3 ke unit – unit kerja, pemantauan pengolahan limbah B3 di unit kerja, dan selama pandemi covid ini mendapat tugas baru sebagai satgas Adaptasi Kebiasaan Baru Covid – 19.

Pelatihan yang pernah diikuti oleh kak nidya yaitu pelatihan spesialisasi K3RS dari BSNP. Untuk petugas K3RS minimal sudah mengikuti pelatihan K3RS dan untuk AK3U dibeberapa Rumah Sakit tidak diwajibkan.

Pengalaman menarik yang pernah dialami kak nidya selama bekerja yaitu  pernah bekerja yang bukan dibagian K3. Yaitu bekerja di bagian kesehatan lingkungan di RS dan pernah bekerja juga di BPJS Kesehatan. Dari pengalaman kak nidya ini semakin membuka fikiran kita bahwa bekerja itu tidak harus sesuai bidang ketika kuliah, dengan begitu justru akan menambah ilmu kita diluar bidang yang dikuasai. Saat ini  untuk bekerja di bidang K3 sudah banyak pesaingnya karena orang diluar peminatan K3 saat ini sudah bebas untuk mengikuti AK3U. Tetapi sebagai orang yang memiliki basic K3 tentunya itu bisa menjadi nilai tambah atau pembeda dari yang lain.

 “Jangan pernah melihat hidup orang lain ketika posisi  sudah suksesnya kalau kita ingin maju, karena kalau hanya melihat orang lain kita juga tidak tau perjuangan dibalik kesuksesannya itu seperti apa” . Tutur kak Nidya

Kak Nidya  berpesan manfaatkan waktu sebaik mungkin selama sama kuliah untuk mencari ilmu dan pengalaman sebanyak – banyaknya baik itu dari bangku kuliah maupun kegiatan kegiatan lain diluar perkuliahan seperti pelatihan – pelatihan, kegiatan organisasi, maupun sharing dengan alumni. Jalani setiap proses yang sedang dijalani semaksimal mungkin karena dibalik proses dan perjuangan pasti akan ada hasil yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *