Alumni Punya Cerita: Indradi Noor Akbar, S.KM

Feb 8, 2019 0 Comments in News by

Untitled-1

Hallo guys, kembali lagi di APC nih. Kali ini ada cerita dari kakak OSH 2007 yang juga merupakan alumni FKM angkatan 2004 yaitu Kak Indradi Noor Akbar. Kak Indradi lahir di Kuningan, 8 Juli 1986. Saat ini beliau bekerja di PT Pupuk Kujang. Kak Indradi bekerja di PT Pupuk Kujang sebagai Superintendent K3. Apa itu Superintendent K3? Kak Indradi menjelaskan tugas umum Superintendent K3 diantaranya adalah :

  1. Melaksanakan arahan dan instruksi yang diberikan oleh Manager Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan
    Hidup untuk dijabarkan menjadi teknis pelaksanaan di unit kerjanya.
  2. Melaksanakan program Manajemen Mutu dan Lingkungan, ISO, SMK3 dan Risk Management di unit kerja.
  3. Menyampaikan informasi-informasi yang diperlukan untuk perbaikan dalam pelaksanaan program manajemen
    mutu, ISO, SMK3, Manajemen Risiko dan GCG di Bagian Keselamatan dan Kesehatan Kerja.
  4. Memfasilitasi dan memotivasi kegiatan Gugus Mutu untuk peningkatan performansi unit kerjanya dan menyampaikan hasil analisis
    permasalahan yang menjadi indikator kritis terhadap hambatan keberhasilan di unit kerjanya.

Tidak hanya itu tugas Superintendent K3 guys, adapun tugas pokok yaitu salah satunya adalah mengkoordinir pengawasan pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja melalui identifikasi, inspeksi, pengukuran, evaluasi dan rekomendasi. Keren ya guys. Tugas manajerial pun juga ada untuk Superintendent K3 yaitu salah satunya merencanakan kebutuhan internal bagian keselamatan dan kesehatan kerja dan menyetujui perencanaan serta memonitor kebutuhan material dan bahan-bahan  lainnya yang diperlukan untuk menunjang kelancaran pekerjaan.

Apapun pekerjaanya, pasti seseorang tidak akan luput dari rintangan dalam menjalani pekerjaannya. Kak Indradi berkata “Permasalahan pasti akan ada, tentu yang harus kita persiapkan adalah mental. Jangan  pernah ragu untuk bersaing dengan orang lain. Kita harus tanamkan rasa yakin pasti bisa, terlebih dari semua itu. Tetap berdoa jangan pernah lepas dari Allah SWT”. Ini bisa jadi tips untuk menghadapi permasalahan guys. Mental yang kita punya harus kuat dan yang terpenting adalah selalu berdoa kepada Allah SWT.

Menurut Kak Indradi, ilmu safety di dunia kerja merupakan hal yang menarik karena tidak semata-mata kita menerapkan perilaku safety, namun hal ini juga dapat menjadi sarana memperbanyak pahala dan hal ini membuat kerja semakin semangat  hlo guys. Tidak di pungkiri juga, dalam dunia kerja pasti kita akan bertemu dengan atasan maupun bawahan. Namun alangkahnya baiknya kita tidak membeda-bedakan. Tetap berperilaku professional dan merangkul satu sama lain. Tips dari Kak Indradi jika ada perintah dari atasan, jangan pernah bilang tidak bisa. Coba terlebih dulu kerjakan selagi kita mampu, selalu bilang siap. Dan untuk bawahan kalau bisa lakukanlah pendekatan dengan diajak ngobrol, kalau bener disanjung, kalau salah diperbaiki. Jangan dibentak. Mereka juga punya perasaan, kita arahkan.

Selama bekerja, prestasi dan training pun juga di dapatkan oleh Kak Indradi, diantaranya:

Training Ahli K3 umum, Incident investigasi, Supervisi scaffolding, Kebakaran kelas C dan D, Auditor ISO integrasi 14001,9001 dan SMK3, General management course, Safety leadership, Petugas P3K, CSMS, Job Safety Analysis, Assessor kompetensi untuk safety officer BNSP, Process safety management, Management of Change (MoC), TQM, Permit to Work, Emergency response, Vertical rescue (rope access) prestasi

  1. The best idea employee of the year 2016, 2017, 2018
  2. Promosi superintendent (kabag) tercepat
  3. Meningkatkan safety culture dari level calculative menjadi proaktif dalam kurun waktu 2 tahun
  4. Berkontribusi aktif dalam zero accident award
  5. Berkontribusi aktif dalam RCI award
  6. Fasilitator GKM dengan predikat silver medal

Waahh, keren ya guys. Namun semua itu tidaklah instan. Belajar dan terus belajar adalah kuncinya, jangan lupa ibadah nomor satu, banggakan dan bahagiakan kedua orang tua selagi masih ada.

Kak Indradi juga memberi tips untuk kita nanti menghadapi dunia kerja ni guys. Yang terpenting adalah mental dan niat yang baik. Nilai akademik yang baik disertai prestasi dan pengalaman organisasi pun juga harus dipersiapkan ya guys. Persiapkan bahasa (inggris atau bahasa asing lain) sebagai penunjang juga. Pilih tempat kerja yang budaya kerjanya sudah baik. Mohon doa kepada keluarga, orang tua dan yg lain-lain. Dan yang terakhir Tawakal dan pasrah kepada Allah SWT.

Perjalan hidup memang tidak selalu mulus guys. Semangat yang naik turun pun pasti akan ada. Pesan dari kak Indradi yaitu perbanyaklah ibadah. Adukan semua kepada Allah SWT. Pengalaman bekerja 8 tahun, Kak Indradi pasti sudah banyak mendapatkan asam garam dalam kehidupannya. Pada awalnya Kak Indradi sempat magang di PT Mc Dermott Batam, lalu kerja pertama di PT Nike Indonesia, kedua di PT Bank Mandiri dan yang ketiga di PT Pupuk Kujang sejak 2010 sampai sekarang. Bekerja tidak ada artinya jika tidak diimbangi usaha dan berdoa. Jangan pernah lupa untuk selalu bersyukur dan tawakal, dan yang terpenting adalah doa dari orangtua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *