Alumni Punya Cerita: Imam Sub’ha Ari Pamungkas, S.KM

Mar 13, 2020 0 Comments in Uncategorized by

IMG-20200313-WA0009












Halo Sobat Safety, APC kembali lagi nih. APC kali ini ada cerita dari Mas Imam. Mas Imam Sub’ha Ari Pamungkas merupakan alumni FKM 2012 dan OSH Forum 2015. Saat ini Mas Imam bekerja di PT. Geoforce Indonesia. PT. Geoforce Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang soil improvement dan soil reinvorcement. Mas Imam sudah bekerja di perusahaan tersebut selama 3 tahun 1 bulan sebagai HSE Officer.

Berdasarkan pengalaman Mas Imam, kegiatan yang dilakukan oleh HSE Officer di PT. Geoforce Indonesia adalah memimpin pelaksanaan Integrated Management System di perusahaan yang berpedoman pada ISO 9001:2015 Quality Management System, ISO 45001:2018 Occupational Safety and Health Management System, ISO 14001:2015 Environment Management System. Melakukan rapat P2K3, inspeksi, safety talk, pelaporan ke Disnaker, training K3, safety awareness, serta identifikasi dan analisis risiko K3.

Mas Imam bercerita bahwa pengalaman menarik yang pernah di rasakan selama bekerja yaitu ketika beliau bertugas untuk membuat training Awareness Integrated Management System dimana melibatkan semua unsur departemen dari perusahaan. Menurut Mas Imam kegiatan tersebut menjadi tantangan untuk seorang HSE Officer untuk memastikan setiap unsur perusahaan dapat incharge pada Integrated System agar sistem yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien. Ketika bekerja, Mas Imam tentunya pernah menemukan kecelakaan yang terjadi ditempat kerja. Yang pernah ditemui oleh Mas Imam salah satunya adalah kejadian nearmiss dimana terdapat pekerja yang berjalan di lereng tanpa menggunakan APD. Hal tersebut merupakan tantangan bagi HSE Officer untuk menyadarkan setiap pekerja serta memberikan awareness tentang bahaya yang bisa saja dapat mengancam keselamatan.

Pelatihan dansertifikasi yang pernah diikuti oleh Mas Imam yaitu Ahli K3 Umum, Fire Fighting, First Aid, Water Rescue, SMK3 Awareness, Integrated Management System Awareness, serta Internal Auditor. Mas Imam berpesan bahwa kita harus tetap menjaga kekompakan baik ketika masih dibangku kuliah maupun di tempat kerja dan meningkatkan softskill dan hardskill untuk mempersiapkan diri nantinya di dunia kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *