Alumni Punya Cerita: FAJRUL FALAKH, SKM, M.Ling

Sep 1, 2018 0 Comments in News by

142538

Fajrul Falakh atau yang lebih akrab disapa kak Fajrul merupakan salah satu alumni FKM Undip Tahun 2010 dan merupakan anggota OSH Forum 2013 yang saat ini bekerja sebagai Co-founder Sinergi Abadi Training & Consulting. Selain bekerja di Sinergi Abadi Training & Consulting, Kak Fajrul juga bekerja sebagai freelance auditor SMK3 di PT Multi Sertifikasi Indonesia, advisor K3 Lingkungan Kerja di PT. Jasa Teknik Indonesia serta menjadi dosen dan tim penyusunan program studi Safety Engineering di Universitas IKIP Veteran Semarang yang rencananya akan launching di tahun 2019.

Dengan banyaknya tanggung jawab yang diemban oleh kak Fajrul, hal ini tidak menghentikan Kak Fajrul untuk tetap berprestasi. Hal ini terlihat dari capaiannya mendapatkan beasiswa LPDP untuk melanjutkan jenjang pendidikan S2 di Sekolah Pasca Sarjana Undip Semarang jurusan magister Ilmu Lingkungan Hidup, hingga akhirnya lulus pada bulan Mei 2018 dan mendapat gelar M.Ling.

Dunia kerja merupakan hal yang sangat kompleks, selalu ada perubahan setiap harinya sejalan dengan dinamika perkembangan zaman. Seiring perkembangan zaman ini, perlu adanya upaya pengembangan kompetensi diri yang harus terus dilakukan. Perkembangan K3 saat ini sudah mengalami kemajuan yang terlihat dari adanya pembaruan regulasi K3 yang dilakukan pemerintah. Hal ini mengindikasikan adanya suatu permasalahan dimana membutuhkan pengetahuan, ilmu serta cara yang ampuh untuk dapat memecahkan masalah tersebut. Karena hal inilah, hendaknya terus menerus menggerakkan tangan, hati dan pikiran untuk terus membaca dan belajar agar tidak terlindas oleh kemajuan itu sendiri.

Seiring dengan tuntutan akan pengembangan diri, kak Fajrul senantiasa selalu meningkatkan kompetensinya. Hal ini terlihat dengan kompetensi yang telah dimiliki oleh kak Fajrul diantaranya sebagai seorang Ahli K3 Umum, Higiene Industrial Muda dan Amdal A.

Kegiatan yang dijalani kak Fajrul saat ini diantaranya sedang terlibat dalam beberapa project konsultan K3 & lingkungan kerja meliputi supervisi penerapan Sistem QHSE beberapa klien di kota Semarang dan sedang terlibat dalam proses pengembangan Laboratorium K3 Lingkungan Kerja di PT Jastekindo, UKL-UPL, pengelolaan TPS B3, audit SMK3 dan melakukan set up bisnis Lembaga Training SDM & Konsultan di perusahaannya yaitu Sinergi Abadi Traininig & Consulting. Sebagai seorang co-founder dan pengusaha muda, tentunya banyak kendala yang telah dilalui kak Fajrul dalam memulai bisnisnya. Manakala muncul konflik dalam diri kak Fajrul terkait bagaimana cara yang harus dilakukan untuk meyakinkan diri sendiri bahwa usaha yang dilakukan akan berhasil. Selain itu, banyaknya jumlah perusahaan training dan konsultan K3 juga menjadi tantangan bagi kak Fajrul untuk membuat sesuatu yang baru dan berbeda dari perusahaan lainnya sehingga eksistensi perusahaan akan tetap terjaga. Dan kendala yang paling besar yang harus dilalui kak Fajrul yaitu bagaimana upaya yang harus kak Fajrul lakukan untuk meraih kepercayaan publik. Dimana publik akan melihat suatu perusahaan yang tercermin dari dalam diri pemiliknya.

 Selama bekerja, terdapat beberapa pengalaman unik yang pernah dialami kak Fajrul. Saat awal aktif bekerja di Sinergi Abadi, kak Fajrul harus menghadapi beberapa klien yang memiliki pengalaman dan keilmuan lebih luas dari kak Fajrul sehingga meningkatkan semangatnya untuk bisa belajar lebih banyak. Kak Fajrul juga pernah mendapat pengalaman menarik saat mengawasi salah satu project logistik di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, tepatnya saat menjadi safety officer di tahun pertama bekerja. Terjadi insiden kebakaran di lokasi kerja yang membuat seluruh pekerja di project seketika panik. Beruntung kak Fajrul dan Tim HSE telah terlatih dalam Program Emergency Preparedness and Response Plan yang ada di Departemen HSE, sehingga segala sesuatunya dapat dikendalikan dengan aman. Dari pengalaman yang sudah dialami kak Fajrul ini, diharapkan kepada para penggiat K3 untuk benar-benar mendalami ilmu K3 dengan baik supaya dapat mengatasi segala hal yang mungkin terjadi di tempat kerja nantinya.

Dalam dunia kerja, tentunya akan senantiasa berhubungan dengan rekan kerja yang memiliki berbagai karakter. Untuk menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, selayaknya bergaul saling menghargai satu sama lain. Setiap manusia, dalam konteks ini yaitu hubungan kerja, baik kepada atasan atau bawahan hendaknya tidak terlalu membedakan satu dengan yang lainnya. Sebab setiap manusia terlahir unik. Semua tercipta dengan kekhasan sesuai kuasa Tuhan. Jika ada yang yang kurang dari rekan kerja, maka sebisa mungkin kita tutupi dengan apa yang kita bisa. Sebaliknya jika ada hal yang lebih dari rekan kerja kita, maka bersykurlah, dia ada sebagai tempat kita belajar tentang ilmu, pengalaman dan kebaikan.

Jika K3 adalah memang menjadi jalan dan kecenderungan hidupmu, maka seriuslah, terus belajar, tekun, ulet dan berdoa sepanjang waktu. Tuhan tidak akan tega menakdirkan karir yang biasa-biasa saja untukmu. Ayo sing sregep ndes!

“JANGAN INGKARI DIRI SENDIRI, GELUTI SAJA APA YANG KITA SENANGI, ASAL ITU TUJUAN BAIK MAKA TUHAN AKAN MENUNTUN JALAN TERSEBUT”


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *