Alumni Punya Cerita: ELANG MERAYU SUKMA, S.KM

Feb 23, 2018 0 Comments in News by

APC 3 - Kak Elang Web large

Elang Merayu Sukma atau yang lebih akrab disapa Kak Elang merupakan anggota OSH FORUM 2010 yang saat ini sedang sibuk sebagai country safety lead di perusahaan Grab (formerly GrabTaxi) sejak tahun 2015. Country safety lead merupakan jabatan tertinggi untuk safety di Grab yang mencakup seluruh Indonesia. Sebagai seorang country safety lead, Kak Elang bertugas mendukung, mengawasi, mengembangkan dan menerapkan program keselamatan. Selain itu, sebagai seorang safety person, Kak Elang bertugas mengontrol keselamatan penumpang dan pengemudi yang dilakukan dengan menggunakan teknologi berupa teknologi pengukuran kecepatan, monitor tingkat pelanggaran (menggunakan aplikasi dari grab yang akan memonitor perilaku driver yang akan diinput secara otomatis ke pusat, lalu dari data tersebut akan dianalisis), safety talk menggunakan aplikasi, fatigue alarm, monitor perilaku berkendara di jalan raya, dan lain sebagainya. Di perusahaan Grab, safety hanya ada di kantor pusat di Jakarta.

Sebelum bekerja di Grab, Kak Elang memiliki pengalaman bekerja di beberapa perusahaan, diantaranya :

Selama 6 tahun Kak Elang berprofesi sebagai seorang HSE / safety officer. Berawal dari seorang HSE Officer di PT Petrosea Tbk hingga saat ini sebagai safety country lead di Grab. Awalnya Kak Elang tertarik untuk bekerja di Grab karena termasuk bidang baru dan ingin mencari pengalaman baru, yang mana Grab merupakan startup Unicorn di Asia Tenggara pada tahun 2016 yaitu perusahaan startup teknologi dengan pendanaan 1 miliar dolar dari Asia Tenggara. Selain itu, Grab juga memiliki jangkauan kerja yang luas (lintas Asia Tenggara sehingga dapat berdiskusi langsung dengan safety SEA (southeast asian) dengan safety manager yang berada di Singapura sehingga semua laporan terkait keselamatan langsung ke regional safety manager di Singapura. Saat ini di Indonesia, cakupan Grab sudah mencapai lebih dari 100 kota dari Aceh hingga Jayapura. Pada saat awal bergabung dengan Grab tahun 2015, Kak Elang menjabat sebagai country safety executive, lalu pada tahun 2016 menjabat sebagai assistant safety manager dan pada tahun 2017 menjabat sebagai country safety lead. Kak Elang merupakan safety officer pertama yang ada di perusahaan Grab.

Selama bekerja di Grab, Kak Elang telah berhasil menerapkan beberapa program keselamatan, diantaranya :

  • Sebelumnya tidak ada program safety di Grab, namun setelah bergabungnya Kak Elang di Grab, dibuatlah program untuk setiap pengemudi Grab wajib mengikuti safety riding sebagai syarat bekerja yang bekerjasama dengan kepolisian. Tujuan dari adanya program ini adalah sebagai bekal driver saat di lapangan. Awalnya kendala utama dalam penerapan program ini adalah cost, namun setelah dilakukan upaya advokasi bahwa dengan adanya program tersebut dapat meningkatkan citra perusahaan dan dapat mencegah terjadinya cost akibat kecelakaan yang pasti akan lebih besar jumlahnya, akhirnya program ini berhasil dijalankan sebagai upaya preventif. Safety head mempercayakan program tersebut kepada Kak Elang untuk dijalankan. Pada awalnya dilakukan percobaan terlebih dahulu selama 10 hari hingga akhirnya resmi diberlakukan.
  • Berhasil membuat program monitoring keselamatan dan perilaku bagi driver Program ini dilaksanakan melalui pesan langsung ke dalam inbox aplikasi, via blog driver dan tatap muka. Karena perusahaan Grab merupakan perusahaan teknologi, program lebih sering dilakukan menggunakan video training dan inbox pesan, sedangkan tatap muka dilakukan saat ada event perusahaan.

Selama 6 tahun bekerja, banyak pengalaman unik dan berkesan yang telah Kak Elang alami, diantaranya :

  • Saat bekerja di Grab

Bekerja di bidang baru yang berbeda dengan pengalaman kerja sebelumnya memberikan banyak pengalaman kepada Kak Elang. Pada akhir tahun 2016, Kak Elang ikut serta mendamaikan aksi rekan-rekan Grab yang melakukan demo ke perusahaan sebanyak 1000 orang dengan cara negosiasi dan bertemu langsung saat demo. Selain itu, pada akhir tahun 2017, Kak Elang diberikan kesempatan untuk memberikan pelatihan keselamatan dan pelayanan kepada 15.000 driver Grabbike dan Grabcar di Jakarta dengan menggunakan metode video edukasi yang dilakukan bersamaan dengan acara penghargaan dari Grab. Selain itu, selama bekerja di Grab Kak Elang banyak mendapat sahabat dari biker-biker Grab terutama yang sudah senior. Untuk penanganan fatality sendiri, dari Grab bekerjasama dengan polisi mencari akar penyebab terjadinya fatality, penanganan di lapangan, asurasi penumpang dan driver.

  • Saat bekerja di PT Offshore Works Indonesia

Kak Elang mendapat kesempatan untuk menjadi saah satu anggota rescue team untuk Air Asia QZ 8501 yang jatuh. Pengalamana luar biasa karena bisa bertemu angkatan laut dan tim penyelamat dari luar negeri dalam upaya pencarian kotak hitam dan jenazah korban dalam kondisi gelombang tinggi mencapai 5 meter dan cuaca buruk.

  • Saat bekerja di PT Petrosea Tbk

Selain medan dan jarak yang cukup jauh untuk mencapai lokasi, untuk pertama kalinya Kak Elang bekerja dengan sistem shift 12 jam/hari nonstop 13 hari kerja dan 1 hari off.

  • Sebagai Head of IPMK4L Jakarta

IPMK4L merupakan sebuah Ikatan Profesi Mutu Keselamatan Keamanan Kesehatan Kerja & Lingkungan (QHSSE) dengan kegiatannya seminar K3, kegiatan sosial, security dan lingkungan. Dari organisasi ini, Kak Elang mendapat pembelajaran bahwa kita sebagai seorang safety harus senantiasa menjaga hubungan baik dengan atasan dan senantiasa selalu mengarahkan ke safety agar tujuan keselamatan kerja dapat tercapai.

  • Saat Kuliah di FKM Undip

Pernah menjadi Juara satu Duta Mahasiswa BKKBN tingkat Jawa Tengah dan mewakili jawa tengah di tingkat Nasional, dan Meraih Juara 3 di tingkat Nasional di Kejuaraan ini, dimana yang di lombakan adalah mengenai skill penyuluhan di bidang kesehatan dan BKKBN.

Sebagai upaya memperingati Bulan K3 yang jatuh pada tanggal 12 Januari – 12 Februari, Grab melakukan kampanye keselamatan dengan #PilihAman. Selain itu, juga melakukan kampanye keselamatan untuk penumpang dan driver melalui iklan, pesan dan video (video safety riding) selama 2 minggu. Sebagai salah satu perusahaan yang juga peduli terhadap keselamatan, Grab bersinergi dengan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan PM No 26 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak dalam Trayek. Pada hakikatnya, seorang safety officee di sektor transportasi maupun di sektor yang lain memiliki tugas yang sama yakni menjaga keselamatan dan memenuhi peraturan perundangan terkait keselamatan.

Sebagai seorang ahli K3, pada saat akan memasuki dunia kerja, ada satu pesan yang ingin disampaikan oleh Kak Elang untuk teman – teman OSH Forum FKM Undip yaitu sebelum melangkah jauh, pelajari terlebih dahulu bidang yang akan kita ambil, apabila tertarik dan sesuai dengan visi, silahkan diambil. Jangan pernah takut mencoba, karena K3 ada dimana saja dan selalu selipkan pesan-pesan keselamatan dimanapun kita berada.

NO PAIN NO GAIN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *