Alumni Punya Cerita: Eka Fitriyati, SKM

May 15, 2020 0 Comments in News by

WhatsApp Image 2020-05-15 at 19.03.56 (1)

Halo Sobat Safety, APC kembali lagi nih!

APC edisi kali ini mengangkat cerita dari Kak Eka Fitriyati yang biasa di panggil Kak Eka. Kak Eka merupakan alumni dari OSH Forum 2008 dan FKM Angkatan 2005. Saat ini Kak Eka sudah bekerja di PT Pratama Abadi Industri Sukabumi sebagai Health and Safety Manager. Kak Eka sudah bekerja di PT Pratama Abadi Industri Sukabumi selama 1 tahun. PT Pratama Abadi Industri Sukabumi merupakan perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur yang memproduksi sepatu. Sebelumnya Kak Eka bekerja di sektor pertambangan di Kalimantan Timur, kemudian beralih ke industri otomotif dan akhirnya bekerja di PT Pratama Abadi Industri Sukabumi.

Kak Eka menjelaskan bahwa PT Pratama Abadi Industri Sukabumi ini sudah memiliki sertifikat ISO 45001 dan SMK3. Untuk sertifikat dari buyer-nya (NIKE) sendiri yaitu namanya audit NCAT. Pada tahun 2017 perusahaan ini mulai mengembangkan COS (Culture Of  Safety) yang nantinya akan dilakukan penilaian oleh pihak Nike dan pihak ketiga. Sebagai Health and Safety Manager harus memastikan semua program berjalan dengan lancar dan terimplementasi. Pada bagian Health and Safety Manager sendiri terdapat 12 staff yang masing – masing memiliki tanggung jawab berbeda, ada safety analyst, safety engineer, health analyst, beyond complience staff, implementator, dll.

Pengalaman menarik yang pernah dirasakan Kak Eka selama bekerja sejak freshgraduate sampai saat ini yaitu ketika menjadi safety officer di tambang batu bara. Saat itu menjadi safety officer di salah satu subcon kideco, dan ternyata Kak Eka merupakan satu-satunya perempuan di bagian itu. Beberapa pekerja waktu itu kaget mengetahui hal tersebut, dikarenakan saat itu safety officer perempuan masih belum banyak ditemukan. Dari pengalaman tersebut, dapat menjadi pengalaman dan pelajaran bahwa seorang safety officer selain harus memiliki ilmu juga harus memiliki mental yang kuat dan kemampuan komunikasi yang baik untuk menyesuaikan diri di tempat kerja.

Menjadi seorang Leader K3 membutuhkan mental yang sehat dan kuat, optimis, visioner, komunikasi yang baik, dan tentu saja ilmu yang mendalam tentang sistem manajemen K3 agar bisa terus berinovasi menyusun strategi untuk menciptakan safety culture.

Tips dari Kak Eka ketika mencari kerja maupun ketika sudah bekerja yaitu harus memiliki niat yang kuat dan konsisten untuk membidangi K3. Ilmu dan pengetahuan tentang K3 harus diperdalam. K3 setiap industri berbeda cara pengaplikasiannya tapi sistemnya sama. Gali ilmu K3 sedalam – dalamnya bisa dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi tentang K3, persiapkan mental yang kuat dan cara komunikasi yang baik. Ketika sudah bekerja yang terpenting harus cepat beradaptasi dengan lingkungan dan komunikasi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *