Alumni Punya Cerita: Anis Setyowati, S.KM

Feb 14, 2020 0 Comments in News by

APC WEB FEBRUARI


Halo Sobat Safety, APC kembali lagi nih.

APC pada edisi kali ini ada cerita dari Kak Anis Setyowati yang biasa dipanggil Kak Anis. Kak Anis merupakan alumni OSH Forum 2016 dan FKM Angkatan 2013. Saat ini Kak Anis bekerja di PT  Jurong Engineering Lestari yang merupakan sektor konstruksi power plant dan berada di bagian HSE Officer. Kak Anis sudah bekerja di PT  Jurong Engineering Lestari selama 6 bulan. Sebelumnya Kak Anis bekerja di PT S2dio Industries selama 1,5 tahun sebagai HSE Officer juga. PT S2dio Industries merupakan perusahaan di bidang manufaktur yang memproduksi kayu dan aluminium. Ketika bekerja di PT Jurong Engineering Lestari Kak Anis banyak belajar mengenai bidang konstruksi terutama mengenai risiko bahayanya. Kecelakaan kerja yang sering dijumpai adalah nearmiss.

Pengalaman menarik yang dirasakan Kak Anis saat bekerja adalah ketika bekerja di PT S2dio Industries ternyata Kak Anis merupakan HSE pertama di perusahaan tersebut sehingga harus merintisnya dari awal. Dahulu kak Anis masih merasa bingung ketika merintis HSE di perusahaan tersebut karena pada saat itu, pekerja disitu masih kurang dalam penerapan K3nya. Seperti yang pernah ditemukan Kak Anis kalau harusnya wajib memakai sepatu ketika bekerja tetapi di lapangan masih ditemukan yang pakai sendal saat bekerja. Saat itu Kak Anis harus langsung melakukan survei sendiri ke lapangan dan sering keluar ke area produksi untuk menyusun mengenai K3 di perusahaan tersebut. Kemudian pengalaman menarik yang lainnya adalah Kak Anis pernah pertama kali membuat izin lingkungan dan mengurusnya sendiri tanpa pihak ketiga.

Tips dari Kak Anis ketika mencari pekerjaan dan yang perlu dipersiapkan adalah banyak diskusi dengan alumni karena materi di ruang kelas dengan kondisi di lapangan terkadang berbeda. Kemudian harus realistis juga untuk mengurangi risiko bahaya yang ada di lapangan. Apabila bahasa inggrisnya kurang bisa ikut kursus atau belajar lagi karena terkadang kemampuan bahasa inggris dijadikan persyaratan untuk masuk kerja dan juga bisa ikut pelatihan – pelatihan yang lain tentang K3 supaya ilmunya bertambah dan mendapat pengalaman juga.

“Jangan takut berbuat salah, karena dari kesalahan dari situ kita bisa banyak belajar, semangat terus karena ilmu tidak akan lari, tetap berusaha dan jangan takut untuk belajar lebih.” Tutur Kak Anis.

Kak Anis berpesan kalau kita tidak boleh takut bertanya ketika belajar di kampus maupun ketika turun ke lapangan. Kemudian ikutilah pelatihan – pelatihan mengenai K3 untuk menambah skill dan sebagai bekal ketika sudah bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *