Alumni Mengajar : WORK PERMIT DAN JOB SAFETY ANALYSIS

Feb 5, 2021 0 Comments in Event, News by

PR Web

Telah diselenggarakannya Alumni Mengajar OSH Forum 2021 yang ke-2 pada hari Minggu, 24 Januari 2021. Kegiatan ini dihadiri sebanyak 90 mahasiswa OSH Forum 2021 dengan materi Work Permit dan Job Safety Analysis yang disampaikan oleh Mas Deni Adytia Gunadi dari OSH Forum 2010. Mas Deni merupakan Assistant HSE Manager di PT. Jawa Satu Power.

Kegiatan Alumni Mengajar dilaksanakan secara online melalui platform Zoom Meeting. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan Master of Ceremony (MC) yaitu Desyan Melyani dan Annisya Agustin. Kegiatan diawali dengan ceremony yaitu pembacaan doa, penayangan video safety induction, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Universitas Diponegoro, Mars FKM Undip, dan Mars OSH Forum. Kemudian dilanjut dengan sambutan ketua OSH Forum 2021 dan Ketua Bagian K3 FKM Undip. Sebelum trainer menyampaikan materi, peserta melakukan pre test terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan yang dimiliki peserta tentang Job Safety Analysis dan Work Permit.

Setelah melakukan pre test, Mas Deni mulai menyampaikan materi yang pertama yaitu Job Safety Analysis. Materi yang pertama ini mejelaskan tentang bagaimana membuat JSA dan pentingnya pembuatan JSA dalam suatu perusahaan. Penyampaian materi pertama dilakukan selama seratus menit, kemudian terdapat break selama lima belas menit yang digunakan untuk peregangan, bermain games, dan ke toilet. Setelah break, dilanjutkan penyampaian materi yang kedua yaitu mengenai Work Permit. Mas Deni menyampaikan tentang pentingnya Work Permit, tipe – tipe Work Permit, dan contoh Work Permit dalam perusahaan.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan tugas simulasi individu yang dilaksanakan oleh Siti Devia dari OSH Forum 2021. Tugas simulasi yang diberikan oleh Mas Deni yaitu membuat JSA dan Work Permit pada kegiatan pembuatan pagar. Setelah selesai melakukan pemaparan, tugas simulasi tersebut diberikan evaluasi oleh Mas Deni. Untuk mengukur bagaimana peserta sudah memahami materi yang disampaikan maka diberikan post test kepada peserta yang dikerjakan dalam waktu sepuluh menit.

Acara ditutup dengan pemberian sertifikat secara simbolis kepada trainer dan menyanyikan lagu Padamu Negeri serta Syukur. Meskipun terbatas oleh jarak, anggota OSH Forum 2021 tetap semangat untuk menimba ilmu dari para alumni dan kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar. Tak lupa kami berterimakasih kepada Mas Deni Adytia Gunadi yang telah bersedia untuk membagikan ilmu dan pengalamannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *