Alumni Mengajar: Training Technical Safety Inspection

Dec 18, 2017 0 Comments in Event by

Chain safety

Sabtu, 16 Desember 2017, telah dilaksanakan Alumni Mengajar yang kedua untuk anggota OSH Forum. Alumni Mengajar ini mendatangkan pembicara dari salah satu OSH Forum 2010 yaitu Kak Ossa Yudo Novaryan, S.KM yang membawakan materi “Training Technical Safety Inspection”. Saat ini Kak Ossa bekerja sebagai Safety Regulation and Compliance Officer Underground Mine Division di PT Freeport Indonesia. Acara ini diadakan di Ruang D201.2 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB. Dengan pelatihan ini diharapkan, peserta OSH Forum dapat mengerti bagaimana safety inspection yang baik dan benar.

chain ins

Pelatihan ini dimulai dengan pembukaan MC yang dipandu oleh Laurentina Grace Silva dan Bernadus Oktavian. Kemudian, doa bersama yang dipimpin oleh Rizal Bacthiar serta safety induction yang dibawakan oleh Dita Meireza. Sebelum materi dimulai, terlebih dahulu ada sambutan dari Ketua OSH Forum 2018 yaitu Tomas Jalu Putranto dan dilanjutkan oleh Ketua Bagian Peminatan K3, Bapak Bina Kurniawan, SKM, M.Kes.

Materi dari Safety Inspection ini diawali oleh pre test oleh Kak Ossa untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anggota OSH Forum mengenai safety inspection. Setelah itu, Kak Ossa mengenalkan serta menjelaskan secara rinci megenai safety inspection. Terdapat pula beberapa video safety inspection yang di putar. Kemudian dilakukan simulasi dimana anggota OSH Forum diminta untuk mengidentifikasi dan menganalisis bahaya dari sebuah gambar area kerja. Hasil analisis tersebut kemudian dipresentasikan sesuai kelompok, disusul dengan tanggapan dari kelompok lainnya mengenai hasil identifikasi bahaya tersebut.

osh chin 2

Di akhir materi, diadakanlah post test untuk menilai kepahaman peserta selama mengikuti Alumni Mengajar kedua ini. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama dengan pembicara Training Technical Safety Inspection.

osh chaiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *