Alumni Mengajar : PROPER AWARENESS

Apr 1, 2019 0 Comments in Event by

Semarang, 30 Maret 2019. Telah dilaksanakan kegiatan Alumni Mengajar yang kedua dengan tema PROPER Awareness yang sampaikan oleh Mas Azmi Faiq, S.KM atau yang lebih akrab disapa Mas Azmi dari OSH Forum 2012. Saat ini Mas Azmi bekerja sebagai EHS Senior Staff Central Java Power  (Sumitomo Corporation) – PLTU Tanjung Jati .

Alumni Mengajar kedua ini dilaksanakan di ruangan B.304 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Kegiatan Alumni Mengajar yang kedua dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB. Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Master of Ceremony (MC) yang dipandu oleh Wenta Chris Omega Manik yang kemudian dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin oleh Naufal Afif. Setelah itu dilaksanakan Safety Induction sebagai salah satu persyaratan penyelenggaraan kegiatan di Univesitas Diponegoro yang dibawakan oleh Puja Azary dan dilanjut dengan sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Vita Mardhiyanti Melati. Dengan diadakannya kegiatan Alumni Mengajar yang kedua ini dilaharapkan anggota OSH Forum 2019 dapat mengetahui mengenai kebijakan PROPER, memahami tahapan, penilaian, persyaratan PROPER serta memiliki kemampuan menilai peringkat PROPER suatu perusahaan.

1

5

Materi PROPER diawali pengenalan, mekanisme, kriteria dan jenis PROPER. Setelah itu dilanjut dengan pemaparan lebih mengenai compliance pada PROPER Biru meliputi pemahaman mengenai peraturan dan pengelolaan limbah B3, aspek penilaian pencemaran udara, aspek penilaian pencemaran air, serta bagaimana cara pengisiannya di dalam dokumen PROPER. Pada pelatihan ini peserta terlihat antusias dan bersemangat karena materi yang didapat sangat luar biasa dan dapat menjadi bekal magang maupun di dunia kerja anggota OSH Forum 2019 disamping bekal dari materi K3 yang didapat di perkuliahan. Setelah materi PROPER Biru, dilanjut dengan materi PROPER Hijau dan Emas yang merupakan beyond compliance. Pada materi ini Mas Azmi memperlihatkan contoh perusahaan serta contoh program yang dikembangkan dari perusahaan tersebut sehingga bisa mendapatkan kategori PROPER Hijau atau Emas. Kegiatan Alumni Mengajar dengan tema PROPER pada hari itu diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama pemateri.

6


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *