Alumni Mengajar: Pelatihan HIRAC Sebagai Bekal Awal OSH FORUM Menuju Dunia Kerja

Dec 12, 2017 0 Comments in Event by

osh chain

Semarang (10/12/2017) telah dilaksanakan kegiatan alumni mengajar yang merupakan kegiatan pelatihan oleh alumni OSH Forum kepada internal OSH Forum 2018. Pelatihan ini diselenggarakan di Ruang Kelas B.105 Fakultas Teknik Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota. Acara dibuka oleh MC Galih Adi Wicaksono dan Virgi Hesti pada pukul 08:00 WIB dan dilanjutkan oleh penyampaian safety induction oleh Siti Oktaviani. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 8 jam dengan materi HIRAC (Hazard Identification Risk Assessment and Control) yang disampaikan oleh Mohammad Reza Huzain, S.KM (HSE Coordinator PT. Adhi Karya Tbk) yang merupakan anggota OSH Forum 2011. Dari pelatihan ini diharapkan anggota OSH Forum 2018 dapat mengaplikasikan ilmunya sebagai bekal magang dan terjun di dunia kerja.

osh chaiin 4

Seiring dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, semakin dibutuhkan pula tenaga kerja dengan kompetensi yang lebih sehingga memiliki daya saing dan nilai jual lebih. Untuk menjadi seorang safety officer, harus dapat menguasai segala hal yang berkaitan dengan K3, tidak hanya teori namun aplikasinya dalam dunia kerja juga harus dikuasai, untuk dapat berkontribusi dalam menurunkan angka PAK dan KAK di tempat kerja serta meningkatkan derajat kesehatan pekerja. Pada pelatihan ini, peserta diberikan materi mengenai apa itu HIRAC dan bagaimana cara pembuatannya, mulai dari identifikasi bahaya, penilaian resiko hingga perumusan kontrol yang sesuai.

osh chain 2

Selama pelatihan peserta dibagi dalam 6 kelompok. Peserta terlihat sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pelatihan karena selain mendapatkan teori HIRAC, peserta juga dapat mempraktikannya langsung cara pembuatan HIRAC dengan bimbingan dari pembicara. Acara pelatihan alumni mengajar ini selesai pada pukul 16:00 WIB, ditutup dengan pemberian kenang – kenangan  kepada pembicara dan foto bersama.

osh chain 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *