ALUMNI MENGAJAR : LOCK OUT TAG OUT (LOTO) AND INCIDENT INVESTIGATION

May 3, 2021 0 Comments in Event by

jnkd

Minggu, 18 April 2021 OSH Forum Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro telah melaksanakan kegiatan Alumni Mengajar dengan materi Lock Out Tag Out and Incident Investigation. Pada kesempatan kali ini, kami menghadirkan trainer dari alumni OSH Forum 2012 yaitu mas Ahmad Kharis, S.K.M. atau yang akrab disapa Mas Kharis. Beliau merupakan praktisi K3 yaitu QHS Engineer di PT Cirebon Energi Prasarana (Cirebon Power).

Acara dipandu oleh pembawa acara Cindy Aprilina dan Amirul Afif Zakaria dari OSH Forum 2021. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui platform zoom dan berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 13.30 WIB. Acara dimulai dengan pembacaan doa, penayangan video safety induction, menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars Univeristas Diponegoro, Mars FKM Univeristas Diponegoro, dan Mars OSH Forum. kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Shinta Nurhaliza selaku Ketua OSH Forum 2021 dan Bapak Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes selaku Ketua Bagian K3 FKM Undip.

Luaran kegiatan ini adalah mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat Mengetahui dan memahami identifikasi sumber energi, pelaksanaan LOTO yang sesuai dengan sumber energi, dan pelaporan investigasi insiden. Sebelum pemaparan materi, pengetahuan peserta terkait LOTO dan incident investigation diukur melalui pretest. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh trainer.

Materi diawali dengan pengantar terkait LOTO. Pentingnya pelaksanaan LOTO bertujuan untuk menghindari insiden dan cidera, mengunci sumber energi untuk mencegah sumber energi keluar, serta memberikan informasi pada pekerja lain. Penyampaian materi LOTO dilaksanakan selama 90 menit. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi yang ke-2 yaitu incident investigation, tujuan dari pelaksanaan incident investigation yaitu untuk mencegah terulangnya kejadian yang sama, menentukan penyebab dari insiden tersebut, dan menghitung kerugian yang diakibatkan. Setelah penyampaian kedua materi tersebut, diberikan waktu selama 15 menit untuk zoom break guna melakukan solat dzuhur dan peregangan.

Serelah break dilanjutkan pemaparan simulasi oleh 2 kelompok yang terpilih. Sebelum kegiatan dilaksanakan, Mas Kharis memberikan penugasan yang akan disimulasikan pada hari H pelaksanaan acara. Simulasi ini, harapannya akan memberikan gambaran bagi peserta dalam mengimplementasikan materi LOTO dan incident investigation berdasarkan studi kasus yang telah diberikan oleh trainer. Peserta melakukan pemaparan hasil diskusi dengan kelompoknya lalu dilanjutkan evaluasi oleh trainer agar peserta lebih memahami simulasi yang diberikan.

Acara ditutup dengan dokumentasi bersama trainer serta menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan Syukur. Semoga kegiatan Alumni Mengajar ini dapat menambah pengetahuan dan memberikan manfaat bagi teman-teman terkait LOTO dan incident investigation serta dapat menjalin silaturahmi dengan alumni OSH Forum.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *