Alumni Mengajar: Incident Investigation

Nov 27, 2018 0 Comments in Event by

Semarang, 24 November 2018. Sebanyak 61 mahasiswa Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro (UNDIP) telah melaksanakan kegiatan Alumni Mengajar yang pertama dengan tema Incident Investigation. Kegiatan ini menghadirkan Sidik Sadono, S.KM dari Emergency Response and Superintendent PT Pertamina Hulu Sanga Sanga Kalimantan Timur yang juga merupakan OSH Forum 2005.

Alumni Mengajar dilaksanakan di Ruang D201.1 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro (UNDIP) dimulai pada pukul 12.30 hingga pukul 17.00 WIB.

5

 “Sebagai seorang petugas K3, kita harus mempunyai fisik dan mental yang kuat, kompetensi yang paling penting. Di lapangan tugas kita sangat berat, tanggungjawab sangat besar, seorang K3 harus mampu menjadi 5 fungsi sebagai officer, trainer, auditor, inspektor, dan investigator. Saya challenges anda, apakah anda bisa seperti itu” tutur Sidik Sadono, S.KM, pemateri incident investigation.

Dalam pelatihan, kegiatan pertama dibuka oleh MC yang dipandu oleh Wenta Chris Omega Manik. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ihzam Ubaidillah. Sebagai salah satu persyaratan penyelenggaraan kegiatan di Univesitas Diponegoro, pemberian Safety Induction dibawakan oleh Muhammad Fadhil Evan Pratama. Diadakanya kegiatan Alumni Mengajar agar dapat mengenalkan dan memahami mengenai incident investigation kepada mahasiswa K3 FKM Undip mulai dari pengertian, tujuan, langkah-langkah, menganalisis suatu kejadian hingga menghasilkan sebuah rekomendasi.

4

Pemberian materi mengenai incident investigation diawali dengan pengantar mengenai makna dan tujuan dilakukannya investigasi pada suatu kejadian. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan lebih mendalam mengenai incident investigation mulai dari cara berfikir, persiapan sebelum melakukan investigasi, pengumpulan bukti kejadian, menganalisis suatu kejadian dan membuat SMART (Specific Measurable Accountable Reasonable and Timely) Recommendation. Tidak hanya menerima materi, dalam pelatihan ini mahasiswa K3 FKM Undip juga melakukan praktik investigasi kejadian di suatu perusahaan. Praktik dimulai dengan membentuk sebuah team investigasi kemudian melakukan analisis dari suatu kejadian dengan membuat building blocks, 5W Method dan mengisi form SCAT (Systematic Cause Analysis Technique) sesuai ketentuan.

“Belajar hal baru soal incident investigation, dan ternyata cukup seru apalagi kita harus berfikir kritis dan saling beradu pendapat dengan team. Materi kali ini bisa dijadikan bekal saat kita magang maupun di dunia kerja nanti.” tutur Rotua Veronica, salah satu mahasiswa K3 FKM Undip.

3

Kegiatan Alumni Mengajar ditutup dengan pemberian kenang- kenangan dan foto bersama dengan pembicara yaitu Sidik Sadono, S.KM

2

1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *