Alumni Mengajar : HIRADC & Legal Compliance

May 7, 2019 0 Comments in Event by

Semarang, 4 Mei 2019. Telah dilaksanakan kegiatan Alumni Mengajar yang keempat dengan tema Hazard Identification, Risk Assessment, and Determinant Control (HIRADC) dan Legal Compliance yang sampaikan oleh Mas Ali Purnomo, S.KM atau yang lebih akrab disapa Mas Ali dari OSH Forum 2009. Saat ini Mas Ali bekerja sebagai HSE Manager di PT Soilens Bandung.

AM1

Kegiatan Alumni Mengajar keempat ini dilaksanakan di ruangan B.304 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB dan dibuka oleh Wenta Chris Omega Manik sebagai Master Of Ceremony (MC). Dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin oleh Naufal Afif dan dilaksanakan Safety Induction sebagai salah satu persyaratan penyelenggaraan kegiatan di Univesitas Diponegoro oleh Yasmita Anis Astari. Terakhir sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Dalliantika Muthia Zahra. Dengan diadakannya kegiatan Alumni Mengajar yang keempat ini, dilaharapkan anggota OSH Forum 2019 dapat mengetahui mengenai identifikasi bahaya dan penilaian risiko baik dari sisi peraturan di Indonesia yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja maupun peraturan ISO 45001:2018.

AM2

Materi Hazard Identification, Risk Assessment, and Determinant Control (HIRADC) dan Legal Compliance diawali dengan pengenalan hazard atau potensi bahaya, risiko dan cara menilainya menggunakan risk matrix. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan mengenai manajemen risiko, macam-macam legal compliance berdasarkan kondisi tempat kerja, dan tahapan identifikasi bahaya dan penilaian risiko yang tidak hanya berfokus pada aspek keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tetapi juga pada aspek lingkungan hidup. Para peserta yang terlibat sangat antusias memperoleh ilmu baru terutama kaitannya dengan aspek lingkungan hidup yang juga harus diperhatikan dalam mengidentifikasi potensi bahaya dan penilaian risiko di tempat kerja. Materi yang disampaikan pun langsung diaplikasikan melalui pengisian form dan dokumen HIRA berdasarkan studi kasus yang telah diberikan sebelumnya oleh Mas Ali. Kegiatan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama pemateri.

AM3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *