ALUMNI MENGAJAR : EMERGENCY RESPONSE PLAN

Mar 17, 2021 0 Comments in Event by

AM 5

Telah diselenggarakannya Alumni Mengajar OSH Forum 2021 pada hari Minggu, 14 Maret 2021. Peserta kegiatan ini merupakan internal OSH Forum dan Alumni IKAK3 FKM Undip. Materi pada Alumni Mengajar kali ini adalah Emergency Response Plan yang dibawakan oleh trainer Djaka Anugrah Hidayat, S.K.M. Beliau merupakan HSSE Supervisor Pertamina International Timor, SA dan OSH Forum 2016.

Kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini dipandu oleh pembawa acara Hanifah Pusparini dan Tassya Aulia Pratiwi dan dimulai pada pukul 08.00 WIB. Acara diawali dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan penayangan video safety induction, menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars Univeristas Diponegoro, Mars FKM Univeristas Diponegoro, dan Mars OSH Forum. Lalu, dilanjutkan dengan sambutan oleh Shinta Nurhaliza selaku Ketua OSH Forum 2021 dan Bapak Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes selaku Ketua Bagian K3 FKM Undip.

Hal menarik yang membedakan kegiatan Alumni Mengajar kali ini dengan sebelumnya adalah penyampaian safety moment dalam rangkaian acaranya. Safety moment merupakan bentuk latihan dan sarana edukasi sesama guna meningkatkan awareness teman-teman OSH Forum 2021 terhadap isu-isu keselamatan dan kesehatan kerja di sekitar kita. Saudara Legowo Dwi Anugrah berkesempatan untuk membawakan safety moment pada kali ini. Berikutnya, acara dilanjutkan dengan pre test, pemaparan materi dan sharing terkait Emergency Response Plan oleh Mas Djaka.

Selain pemaparan materi oleh trainer,  sebelumnya peserta juga telah diberikan tugas simulasi terkait penyusunan Emergency Response Plan sederhana dalam keadaan darurat kebakaran, gempa bumi, huru hara, dan ancaman bom/terorisme dalam lingkup kecil yaitu Kampus FKM Undip. Penugasan tersebut mencakup identifikasi bahaya dan risiko yang ada, analisis kejadian terburuk (worst case scenario) yang mungkin terjadi, keterbutuhan sumber daya dan personil, alur respon ketanggapdaruratan, hingga penanggulangan setelah keadaan darurat terjadi. Setelah pemaparan materi, peserta yang telah dibagi ke dalam kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka dan diberikan saran terhadap penyempurnaan Emergency Response Plan sederhana yang telah dibuat.

Mendekati akhir acara, dibuka sesi tanya jawab yang dilanjutkan dengan foto bersama peserta dan trainer. Acara ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan Syukur. Kami sangat mengapresiasi antusiasme peserta selama training berlangsung dan tim yang terlibat sehingga acara dapat berjalan dengan lancar, serta terima kasih kepada trainer kami Mas Djaka Anugrah Hidayat, S.K.M. atas pengalaman dan ilmu yang dibagikan kepada kami. Semoga kegiatan ini dapat memberi kebermanfaatan bagi setiap pihak yang terlibat di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *