Alumni Mengajar : CSMS (Construction Safety Management System)

Sep 19, 2019 0 Comments in Event by

Semarang, 18 September 2019, sebanyak 61 orang mahasiswa OSH Forum 2019 telah melaksanakan kegiatan Alumni Mengajar yang keenam dengan tema Construction Safety Management System (CSMS) yang sampaikan oleh Mas Mohammad Afief, S.KM. atau yang lebih akrab disapa Mas Afief dari OSH Forum 2014. Saat ini Mas Afief bekerja sebagai QHSE Officer di PT Waskita Karya.

Kegiatan Alumni Mengajar berlangsung di gedung E Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Kegiatan dibuka oleh Wenta Chris Omega Manik sebagai Master Of Ceremony (MC). Dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ihzam Ubaidillah dan pemberian Safety Induction sebagai salah satu persyaratan penyelenggaraan kegiatan di Univesitas Diponegoro oleh Puja Asari Putri.

CSMS 1

Dengan diadakannya kegiatan Alumni Mengajar yang keenam ini, dilaharapkan anggota OSH Forum 2019 dapat mengetahui mengenai identifikasi bahaya dan penilaian risiko baik dari sisi peraturan di Indonesia yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja maupun peraturan ISO 45001:2018.

Materi Construction Safety Management System (CSMS) diawali dengan pengenalan sistem manajemen keselamatan untuk kontraktor dan dasar hukum yang berlaku baik internasional maupun nasional. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan mengenai tahapan yang harus dilakukan dalam penerapan Construction Safety Management System (CSMS) yang terdiri dari 2 tahapan besar yaitu tahap administrasi dan tahap pelaksanaan. Tahap administrasi merupakan tahap penilaian risiko pekerjaan apakah termasuk risiko tinggi atau tidak. Apabila tidak, maka tidak diperlukan adanya Construction Safety Management System (CSMS). Namun apabila berisiko tinggi, maka selanjutnya dilakukan tahap pra kualifikasi, seleksi, dan pra pelaksanaan pekerjaan. Sedangkan tahap pelaksanaan terdiri dari tahap pelaksanaan berlangsung dan penilaian atau evaluasi akhir.

Peserta sangat antusias disaat praktik penyusunan Construction Safety Management System (CSMS) karena Construction Safety Management System (CSMS) merupakan ilmu baru. Materi yang disampaikan pun langsung diaplikasikan melalui studi kasus penerapan Construction Safety Management System (CSMS) pada pekerjaan-pekerjaan spesifik di sektor konstruksi dan sektor minyak dan gas bumi oleh Mas Afief. Kegiatan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama pemateri.

CSMS 2

CSMS 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *