ALUMNI MENGAJAR: CONTRACTOR SAFETY MANAGEMENT SYSTEM

Mar 8, 2021 0 Comments in Event, News by

AM OSH 21_4

Minggu, 28 Februari 2021 OSH Forum Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro telah melaksanakan agenda Alumni Mengajar dengan tema Contractor Safety Management System (CSMS). Pada kesempatan kali ini, kami menghadirkan trainer dari alumni OSH Forum 2011 yaitu mas Achmad Riza Pamula, S.K.M. atau yang akrab disapa Mas Riza. Beliau merupakan seorang praktisi K3 yang sekarang sedang menjabat sebagai HSSE Field ISBL di PT Kilang Pertamina Balikpapan.

Acara dipandu oleh pembawa acara Muthia Nurul Ilmi dan Aurea Awali dari OSH Forum 2021. Dilaksanakan secara daring, kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.00 hingga pukul 13.30 WIB. Acara dimulai dengan pembacaan doa, penayangan video safety induction, menyanyikan lagu Indonesia raya, Mars Univeristas Diponegoro, Mars FKM Univeristas Diponegoro, dan Mars OSH Forum. Lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Shinta Nurhaliza selaku Ketua OSH Forum 2021 dan Bapak Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes selaku Ketua Bagian K3 FKM Undip.

Luaran kegiatan ini adalah mahasiswa Keselamatan dan Kesehatan Kerja dapat Mengetahui dan memahami pelaksanaan Health, Safety, Security, and Environmental (HSSE) Plan pada kontraktor melalui pengelolaan Contractor Safety Management System (CSMS) dengan pedoman yang digunakan di suatu perusahaan. Sebelum pemaparan materi, pengetahuan peserta terkait CSMS diukur dengan pemberian post test. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh trainer.

Materi diawali dengan pengantar terkait CSMS. Tahapan CSMS meliputi fase administrasi dan implementasi. CSMS penting dalam pelaksanaan pekerjaan bersama perusahaan mitra karena dengan CSMS efektivitas pengelolaan risiko pekerjaan kontrak dapat dicapai. Namun, dengan syarat CSMS dilaksanakan melalui keseluruhan tahapan siklus. Dalam penerapannya, perusahaan harus berkomitmen menerapkan CSMS dengan etika dan tata nilai yang dianut perusahaan, pengelolaannya juga harus secara profesional tanpa ada benturan kepentingan ataupun pengaruh tekanan dari perusahaan manapun. Selain itu, hal-hal yang menyangkut persyaratan implementasi CSMS dan pencapaiannya harus transparan baik bagi penyedia, calon peserta pemilihan, peserta pemilihan, dan pelaksana kontrak.

Dalam training kali ini, Mas Riza tidak hanya menyampaikan materi. Namun, sebelumnya juga telah memberikan penugasan yang akan disimulasikan pada hari H pelaksanaan acara. Dengan simulasi ini, harapannya akan memberikan gambaran bagi peserta dalam pengimplementasian salah satu tahapan CSMS yaitu tahap Pre Job Assessment. Seluruh perwakilan kelompok berkesempatan untuk memaparkan hasil pekerjaannya dan dievaluasi oleh trainer. Peserta sangat antusias selama training berlangsung. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya anggota OSH Forum yang menanggapi dan bertanya terkait materi yang disampaikan oleh trainer.

Acara ditutup dengan dokumentasi bersama trainer serta menyanyikan lagu Bagimu Negeri dan Syukur. Dari kegiatan ini semoga dapat menambah pengetahuan teman-teman terkait Contractor Safety Management System dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *