Alumni Mengajar : AUDIT SMK3

Apr 16, 2019 0 Comments in Event by

Semarang, 13 April 2019. Telah dilaksanakan kegiatan Alumni Mengajar yang ketiga dengan tema Audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) yang sampaikan oleh Fifi Rahmawati, S.KM atau yang lebih akrab disapa Kak Fifi dari OSH Forum 2015. Saat ini Kak Fifi bekerja sebagai Operation Staff and External Auditor of SMK3 di PT Multi Sertifikasi Indonesia.

AM1

Kegiatan Alumni Mengajar ketiga ini dilaksanakan di Ruang B.303 Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Kegiatan dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 16.00 WIB dan dibuka oleh Wenta Chris Omega Manik sebagai Master Of Ceremony (MC). Dilanjutkan pembacaan doa yang dipimpin oleh Ihzam Ubaidillah dan dilaksanakan Safety Induction sebagai salah satu persyaratan penyelenggaraan kegiatan di Univesitas Diponegoro oleh Cindy Melita Batubara. Terakhir sambutan dari Ketua Pelaksana yaitu Dalliantika Muthia Zahra. Dengan diadakannya kegiatan Alumni Mengajar yang ketiga ini, dilaharapkan anggota OSH Forum 2019 dapat mengetahui mengenai kriteria penilaian Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

AM2

Materi audit SMK3 diawali dengan pengenalan latar belakang, tujuan, prinsip, dan kebijakan terkait Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta pengantar auditor. Setelah itu dilanjutkan dengan pemaparan mengenai tahapan penerapan SMK3, elemen dan kriteria penilaian SMK3, serta mekanisme dan sistematika penilaian audit SMK3. Para peserta yang terlibat menunjukan antusiasme dan semangat karena materi yang dibawakan oleh Kak Fifi merupakan hal baru di luar perkuliahan K3 yang dapat bermanfaat pada saat diaplikasikan saat magang maupun saat terjun langsung ke dunia kerja nanti. Tidak hanya penyampaian materi, pada kegiatan Alumni Mengajar ini para peserta difasilitasi oleh Kak Fifi untuk melaksanakan penilaian audit SMK3 berdasarkan studi kasus yang disesuaikan dengan elemen dan kriteria penilaian yang ada di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Penerpakan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Kemudian kegiatan diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dan foto bersama pemateri.

AM3


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *