ALUMNI MENGAJAR: PENERAPAN DAN AUDIT SMK3

Feb 19, 2021 0 Comments in Event, News by

ALUMNI MENGAJAR: PENERAPAN DAN AUDIT SMK3

PR AM 3

Pada Hari Sabtu, 13 Februari 2021 yang lalu telah dilaksanakan agenda Alumni Mengajar OSH Forum 2021, Peminatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro. Pada kesempatan ini teman-teman OSH Forum berkesempatan untuk belajar mengenai Penerapan dan Audit SMK3 berdasarkan PP No. 50 tahun 2012. Training kali ini juga menghadirkan Fifi Rahmawati, S.K.M. sebagai trainer, yang juga merupakan alumni OSH Forum 2015.

Kegiatan dipandu oleh pembawa acara Dwi Sofiana dan Falya Ariestaniaji dan dimulai pada pukul 08.00 secara daring melalui platform zoom meeting. Acara dimulai dengan pembacaan doa, penayangan video safety induction, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Univeristas Diponegoro, Mars FKM Univeristas Diponegoro, dan Mars OSH Forum. Lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Shinta Nurhaliza selaku Ketua OSH Forum 2021 dan Bapak Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes selaku Ketua Bagian K3 FKM Undip. Dengan diselenggarakannya kegiatan Alumni Mengajar ini, harapannya anggota OSH Forum dapat memahami, memiliki sikap kerja, dan keterampilan dalam mengimplementasikan berbagai kegiatan dalam Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan pelaksanaan audit SMK3 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 50 Tahun 2012 tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Pretest diberikan kepada para peserta sebelum trainer menyampaikan materi guna mengetahui seberapa jauh pemahaman anggota OSH Forum mengenai SMK3. Materi diawali dengan pengantar SMK3 dan dilanjutkan dengan prinsip pelaksanaan SMK3 berdasarkan regulasi yang berlaku dan teknik komunikasi, pelaporan serta pendokumentasian pelaksanaan SMK3 hingga tahapan pelaksanaan audit mulai dari persiapan hingga pelaporan audit K3.

Dalam rangakain training, sebelum pelaksanaan hari H, teman-teman OSH Forum diberikan tugas simulasi pelaksanaan audit yang dimana peserta berusaha untuk menganalisis studi kasus terhadap beberapa temuan dalam pelaksanaan audit SMK3. Yang selanjutnya memberikan penilaian dan menyusunan laporan audit SMK3 tersebut. Hasil diskusi dipaparkan oleh perwakilan kelompok dan diberikan koreksi oleh Mbak Fifi. Meskipun kegiatan Alumni Mengajar masih dilaksanakan secara daring, hal ini tidak mempengaruhi antusiasme teman-teman OSH Forum dalam menanggapi dan bertanya kepada traine.

Pada penghujung acara Alumni Mengajar ditutup dengan foto bersama trainer Fifi Rahmawati, S.K.M. Dan harapannya semoga kegiatan ini dapat memberikan kebermanfaatan bagi setiap pihak yang terlibat didalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *